Jangan Biarkan Rasa Iri Mengganggu Hidup Anda

Manusia memiliki sifat dasar iri hati yang sering kali muncul tanpa disadari namun rasa iri akan menjadi sangat membingungkan dan mengganggu ketika terjadi dengan orang-orang terdekat karena di satu sisi anda ingin merasakan kebahagian mereka namun disisi lain anda ingin memiliki kesuksesan yang sama dengan mereka. Maka dari itu berikut ini adalah tips dari Jill Brown, penulis dan pendiri situs “The Duchess Guide” yang dapat menjauhkan rasa iri hati :

Ketahui Penyebab Rasa Iri Anda

Ambilah waktu untuk mengerti rasa iri anda, jujurlah pada diri sendiri untuk menemukan akar permasalahan yang membuat pikiran anda tidak tenang karena kesuksesan orang lain. Jika anda telah mengerti penyebabnya maka anda pun dapat mengatasinya. Apa pun jawaban anda mulailah bertanya kembali apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Ingatlah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia jika anda belum berhasil saat ini maka bukan berarti anda berhenti berusaha. Jadikan cerita sukses orang lain sebagai motivasi dan pembelajaran diri anda.

Cobalah Untuk Menempatkan Diri di Kaki Orang Lain

Ketika anda merasa iri dengan pencapaian orang lain maka pikirkan kira-kira apa yang telah mereka lalui sebelum mendapatkan kesuksesan karena mungkin saja mereka telah berusaha sekuat tenaga dan telah mengalami banyak kesulitan sebelum akhirnya bahagia. Lihatlah sebagai penegasan bahwa mimpi anda nantinya dapat terwujud pula dengan usaha yang keras. Dengan berpikir seperti maka akan membantu anda untuk dapat merasakan kebahagian orang lain secara tulus.

Komunikasikan Keganjalan yang Dirasakan

Jika anda masih merasa mengganjal, cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan mereka yang membuat anda iri, ceritakan bagaimana anda menyayangi mereka namun ada rasa iri akan kesuksesan mereka. Bicaralah secara jujur dan mintalah nasihat bagaimana cara mereka berhasil, siapa tahu dengan menceritakan perasaan sebenarnya, anda mendapatkan ispirasi yang dibutuhkan untuk meraih mimpi.

Ingatlah, bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Jika saat ini kamu belum sukses, bukan berarti. Kamu tidak ditakdirkan menjadi orang sukses, dan bukan berarti kamu harus menyerah sampai berhenti berusaha. Jika kamu melihat orang lain sukses, maka janganlah iri, tapi jadikanlah cerita sukses mereka sebagai motivasi supaya kamu menjadi orang yang lebih baik supaya bisa mencapai mimpi-mimpi dan kesuksesan seperti mereka.

Leave a Reply