Tips Sukses, Kaya Dan Bahagia Dengan Pikiran Positif

Cara Berpikir Positif Sepanjang Hari Untuk Hidup yang Bahagia

Berpikir dan bersikap negatif serta pesimis lebih mudah dibanding harus berpikiran positif dan berjiwa besar ketika sedang berada di posisi yang tidak mengenakan namun jangan biarkan sikap seperti ini terus menerus mengontrol hidup anda, cobalah untuk melakukan langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Jangan Membandingkan

Manusia seringkali tanpa sadar senang membandingkan diri mereka satu sama lain hingga akhirnya merasa diri mereka lebih buruk dibanding orang lain. Dibanding membandingkan dan melihat banyaknya kekurangan anda, cobalah mulai dari sekarang untuk melihat dan menghitung berapa banyak kelebihan dan keuntungan yang anda miliki. Jangan pernah menganggap diri anda kecil namun bersyukurlah dan tingkatkan segala kelebihan yang anda miliki. Dengan anda menerima diri anda apa adanya dan memperbaiki hal yang kurang maka anda akan dapat bersikap dan berpikir secara positif.

2. Anda Punya Pilihan

Ingatlah bahwa kebahagian merupakan pilihan yang diciptakan oleh diri anda bukan berdasarkan orang lain. Anda memiliki pilihan dalam merespons segala situasi yang dihadapkan sehingga untuk menjadi positif atau negatif bergantung pada pilihan diri sendiri.

3. Nikmati Hari Per Hari

Untuk menikmati hari bukan berarti tanpa perencanaan masa depan, walaupun memikirkan masa lalu dan masa depan memang seringkali menjauhkan kita dari pikiran positif karena kekhawatiran yang berlebih namun ingatlah bahwa hari kemarin merupakan sejarah, hari esok merupakan misteri dan hari ini merupakan hadiah. Bersyukur atas hidup dan menghargai akan apa yang dimiliki merupakan cara pertama yang harus anda lakukan agar selalu berpikir positif.

4. Jauhi Hal yang Dapat Merusak Suasa Hati

Rasa dendam, benci dan iri merupakan hal yang dapat merusak suasana hati anda sehingga untuk menjadi orang yang positif anda harus mampu melepaskan ini semua dengan cara mengalihkan perasaan tersebut dengan hal yang bahagia seperti melakukan kesenangan anda, beristirahat atau dengan menonton hal-hal yang bisa membuat tertawa. Dengan tertawa anda dapat mengurangi stress yang anda alami dan dapat meningkatkan diri anda untuk tidak terlalu serius pada masalah. Begitupula dengan beristirahat, sesibuk apapun anda, luangkanlah waktu untuk selalu beristirahat. Tidak harus tidur berjam-jam namun dengan merenung sejenak, memperlahan langkah anda, pergi nonton ke bioskop atau melakukan hal yang anda suka dapat menyegarkan pikiran dari rasa khawatir dan cemas sehingga pikiran positif dapat terbangun kembali pada diri anda. Terkadang pikiran negatif juga dapat terbentuk secara tidak sengaja dari lingkungan sekitar maka dari itu anda harus berhati-hati dalam memilih lingkungan pertemanan dan pekerjaan anda. Jauhi lingkungan yang sering mengeluh dan dekati lingkungan yang memberi dukungan, berpikir positif dan semangat yang tinggi. Lambat laun anda akan terbentuk secara positif karena berada di tengah-tengah orang yang memiliki aura positif.

5. Perkaya Diri

Tidak akan pernah ada terlalu banyak belajar karena dengan belajar hal baru malah akan membuat anda semakin bijak dan percaya diri. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan membaca, mulai dari buku, surat kabar, majalah ataupun jurnal karena dengan semakin banyak membaca anda dapat melatih pikiran positif.

6. Belajar Dari Kesalahan

Lihatlah kesalahan anda sebagai proses pembelajaran, jangan sebagai kegagalan. Lihatlah secara positif agar anda dapat terus berkembang dan tidak berhenti karena berlarut dengan kesedihan anda. Hindari bersikap terlalu keras pada diri sendiri karena belajar dari masa lalu merupakan cara terbaik untuk berkembang dan menjadi pribadi yang lebih positif.

7. Berbuatlah Baik

Berbuat baik akan membawa dampak yang besar untuk diri sendiri dan sekitar, ketika anda membantu orang lain maka yang anda rasakan adalah rasa bahagia dan kepuasaan. Dengan hal ini anda dapat merasa lebih positif.

Image : www.thebalance.com

Leave a Reply