Tips Dalam Mengembangkan Kekuatan Pikiran Positif

Berpikir positif dalam menyingkapi peristiwa dan persoalan tidaklah mudah, dibutuhkan latihan yang terus menerus untuk dapat melakukannya namun proses pembelajaran ini pun tidaklah singkat, dibutuhkan konsentrasi dan keteguhan. Dibawah ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam mengembangkan kekuatan pikiran positif:

1. Membaca Buku Biografi Tokoh-Tokoh Besar

Tokoh-tokoh besar dapat menjadi salah satu inspirasi hidup yang dapat dijadikan pelajaran penting bagi perubahan hidup kita, untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Tokoh-tokoh hebat biasanya memiliki ciri-ciri yang inspiratif dan inovatif, maka dari itu cobalah untuk membaca biografi mereka agar anda dapat memahami kepribadian dan jalan hidupnya. Jadikan ini sebagai motivasi anda untuk meraih keberhasilan dalam mengembangkan cara berpikir positif dalam hidup anda.

2. Pahami Pesan Dalam Setiap Masalah

Tanamkan pada diri anda bahwa seburuk apapun persoalan yang menimpa manusia pasti memiliki jalan keluar, tidak mungkin tidak. Anda perlu mengingat bahwa apapun masalahnya selalu ada hikmah didalamnya, mengungkap dan menerima hikmah dari setiap masalah memang sulit namun hal ini harus dibiasakan agar anda dapat melihat sesuatu secara positif. Maka dari itu apabila anda dihadapkan pada situasi yang buruk cepat-cepatlah menggali nilai positif didalamnya. Jika anda mampu melakukan ini maka anda tidak akan gampang sedih dan mengeluh.

3. Hindari Generalisasi Masalah

Generalisasi merupakan kata lain dari penyamarataan dari suatu kejadian. Jika anda merupakan orang yang suka menggenaralisasi masalah maka anda harus berhati-hati karena perlu diingat bahwa setiap peritiwa memiliki penyebab dan waktunya masing-masing, anda tidak bisa menyamaratakannya karena ini akan membuat bayang-bayang negatif yang malah akan memberatkan anda untuk maju. Keinginan yang timbul menjadi tidak terealisasi karena anda sudah takut terlebih dahulu. Padahal apa yang ditakutkan seringkali pada akhirnya tidak sesuai dengan kenyataan. Maka dari itu cobalah untuk memunculkan pikiran positif dalam diri anda, jangan membiasakan menggeneralisasi persoalan.

4. Lenyapkan Pikiran Negatif

Bayang-bayang negatif dapat menjadi racun yang melemahkan bahkan mematikan langkah sejak dalam pikiran. Berhenti melangkah sebelum memulai merupakan salah satu bahaya dari bayang-bayang negatif yang muncul di pikiran manusia. Bayang-bayang negatif ini dapat muncul karena banyak faktor dari ketakutan karena pengalaman pribadi hingga pengalaman orang lain yang bahkan belum dirasakan. Bahkan terkadang pertimbangan terlalu larut dapat menyebabkan ketakutan karena itu banyak pengusaha yang berprinsip untuk tidak berpikir dua kali, kerjakan apapun yang anda inginkan. Maka dari itu jika anda mulai mendapat bayang-bayang negatif tepislah dengan pikiran positif.

5. Fokus Pada Tujuan Hidup

Setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing, hanya dalam perjalanannya manusia sering lupa akan tujuan awalnya. Padahal hal ini dapat menjadi salah satu faktor kegagalan pencapaian tujuan. Maka dari itu fokus merupakan satu kunci untuk dapat meraih tujuan yang diinginkan sehingga membuahkan hasil dan kepuasaan. Disisi lain, fokus dapat membantu mengembangkan pikiran positif, dengan fokus pada tujuan berarti berpikir penuh bagaimana meraih sebuah tujuan tanpa memikirkan hal lainnya. Walaupun fokus pada tujuan sangatlah sulit namun di bawah ini merupakan beberapa cara untuk menjaga fokus anda pada tujuan hidup:

a. Catatlah Rencana dan Tujuan Anda Di Awal Waktu

Dengan mencatat rencana dan tujuan, anda tidak akan mudah lupa, maka tulislah semua target planning anda yang ingin dicapai secara terperinci. Menulis akan membantu anda untuk lebih fokus dalam mengingat.

b. Tempel Rencana Anda di Tempat yang Sering Terlihat

Carilah tempat yang sering terlihat dari jangkau mata anda, misalkan dinding tembok depan tempat tidur, pintu kamar tidur ataupun pintu keluar masuk rumah anda. Hal ini membantu anda yang awalnya seringkali lupa namun karena terus-terusan terlihat akan membantu anda ingat. Dengan menempelkan catatan anda pada tempat-tempat yang strategis maka fokus anda akan terjaga.

c. Jangan Hiraukan Gangguan

Jangan menghiraukan pikiran-pikiran yang dapat mengganggu fokus tujuan anda, jika hal ini datang segeralah putuskan untuk menolaknya karena sekali anda mengiyakan maka anda akan menghancurkan tujuan anda. Pertimbangkan seberapa pentingnya tujuan anda dibanding gangguan-gangguan yang datang.

5. Aksi Merupakan Bukti Terkuat

Pikiran yang kuat akan menghasilkan tindakan dan tindakan yang dilakukan secara berulang akan menjadi kebiasaan yang jika dibiarkan akan menjadi karakter pada diri seseorang yang pada akhirnya akan menghantar mereka ke masa depannya. Secara psikologis karakter terbentuk dari pikiran yang berujung pada tindakan berulang terus menerus yang akhirnya tertanam. Sehingga untuk mengubah diri anda, pikiran perlu kembali ditata dahulu dan setelahnya dilaksanakan dengan tindakan karena hanya dengan pikiran tidak akan membuat anda kemana-mana. Dalam perjalananya pasti akan terdapat rintangan dan halangan entah dari diri sendiri atau lingkungan sekitar. Namun jika anda dapat berpikir secara positif maka anda dapat melewati tantangan karena hidup di tengan masyarakat yang didalamnya terdapat banyak karakter berbeda -beda, memahami merupakan kunci dalam menentukan sikap dan pilihan. Perlu diingat bahwa pilihan hidup apapun yang anda ambil mutlak menjadi tanggung jawab yang harus ditanggung sendiri. Maka sangat disayangkan jika anda mengambil keputusan berdasarkan omongan orang lain karena hasilnya tidak akan memuaskan anda. Jika anda mendapat komentar positif maka jadikan itu sebagai penyemangat namun jangan sampai membuat anda terlena. Ketika mendapat komentar miring maka ambillah sebagai pembelajaran untuk kedepannya namun jangan sedih karena pada akhirnya hasil dari aksi anda yang akan menjadi bukti. Sifat dasar manusia yang tidak mudah percaya jika tidak melihat langsung membutuhkan sebuah bukti yang dapat dilihat karena itu jika anda memiliki cita-cita wujudkanlah karena setelah anda mampu membuktikan maka semua akan selesai.

Image : www.pickfotografi.de

Leave a Reply