Prinsip Berpikir Positif

Ada beberapa prinsip yang harus anda pegang jika ingin berpikir dan melihat secara positif:

Belajar Dari Masa Lalu

Belajarlah dari masa lalu, lakukan dan hiduplah hari ini dan rencanakan masa depan. Belajar dari masa lalu sama seperti membaca buku, ambil bagian yang bagus dan belajarlah dari kesalahan yang anda buat sebelumnya. Jangan pernah menyesali dan merasa dibayangi masa lalu yang buruk karena hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki hanya berusaha lebih baik kedepannya dan belajar dari kesalahan yang telah dibuat. Jika anda menemukan permasalahan yang sama, selesaikan berdasarkan pengalaman masa lalu. Anda harus sadar bahwa masa lalu tidak akan pernah berulang namun masa depan menjadi sebuah impian bagi manusia sehingga bermpimpilah setinggi-tingginya dan seindah mungkin, bangun mimpi anda hari ini agar di masa depan anda dapat meraih mimpi saat ini.

Ubah Cara Berpikir

Mengubah pikiran dan menggantinya sama dengan mengubah kenyataan. Pikiran manusia memiliki nilai yang sangat penting, melalui pikiran manusia dapat bergerak. Begitupula ketika kita mengubah cara berpikir maka hidup pun akan berubah. Banyak motivator mengatakan apabila kita berpikir bahwa kita mampu mencapai sesuatu maka kita pasti dapat melaluinya karena apa yang anda pikirkan akan secara otomatis di proses keseluruh tubuh yang akan bergerak menjalankan perintah yang ada dalam pikiran anda. Maka dari itu mengubah pemikiran akan mampu merubah kenyataan yang sekarang di alami, sehingga mulai biasakan untuk berpikiran secara positif.

Masalah dan Kesengsaraan Hanya Terletak Pada Pikiran Manusia

Ada yang bilang bawa menjadi kaya membuat hidup seseorang bahagia dan kemiskinan membuat orang sengsara dan menderita. Padahal kenyataanya tidak semua orang kaya hidup bahagia, justru sering sekali mereka yang dinilai kaya cenderung lebih rentan depresi. Mereka yang miskin justru lebih bahagia dalam menjalani hari mereka dibanding orang kaya. Ini membuktikan bahwa materi yang dimiliki seseorang tidak menjadi jaminan hidup seseorang itu menjadi bahagia atau menderita namun persepsilah yang membentuk itu semua. Persepsi muncul dari pikiran sebagai respon terhadap realitas, sifatnya sangat subjektif sehingga dibutuhkan pembuktian agar persepsi ini menjadi sebuah kebenaran.

Jangan Menjadi Masalah Untuk Orang Lain

Masalah tidak akan dapat dihindari oleh manusia bagaimanapun kerasnya mereka berusaha walaupun begitu jangan sampai anda menjadi masalah bagi orang lain maupun bagi anda sendiri, jadilah solusi dari setiap masalah yang muncul maka kehadiran anda akan ditunggu oleh setiap orang. Hidup ini diliputi oleh pilihan-pilihan yang memiliki dampaknya masing-masing, jika anda malas anda akan jauh dari kesuksesan begitupun sebaliknya jika anda rajin anda akan dekat dengan kesuksesaan. Jika anda melihat masalah secara positif maka masalah akan membuat anda semakin berkualitas namun apabila dilihat secara negatif maka itu akan membuat diri anda menjadi buruk. Ibaratnya orang yang sering mendapatkan beban berat ototnya akan semakin kuat namun bila jarang mengangkat beban otot tubuh kita tidak terlatih dan menjadi lemah.

Image : www.blueoceanacademy.com

Leave a Reply