DIY Boneka Tangan

DIY Boneka Tangan

DIY BONEKA TANGAN

Dongeng boneka merupakan tradisi bercerita yang telah hadir 3000 SM dengan tujuan untuk hiburan dan upacara ritual adat. Sepanjang sejarah dongeng boneka ini dimainkan dengan pengaruh tradisi dan budaya di setiap tempatnya, biasanya dongeng boneka tidak hanya ditonton anak kecil namun juga orang dewasa. Dongeng boneka memiliki macam-macam jenis dari boneka tangan, wayang dan bahkan boneka jari. Boneka jari di percaya menjadi pembelajaran dan hiburan yang interaktif bagi anak-anak. Selain itu boneka jari mudah dibawa untuk di mainkan kapanpun dan dimanapun. Di bawah ini merupakan cara membuat boneka jari yang dapat anda buat bersama dengan anak-anak anda.

Alat dan Bahan

 

Cara Pembuatan

  • Langkah pertama potong pola pada kertas kemudian setelahnya jiplak pola di atas kain felt. Gunakan pensil hitam untuk kain felt yang berwarna terang dan pensil putih untuk kain felt berwarna gelap.

step 1

 

  • Untuk pola badan boneka, jiplak sepasang sehingga anda mendapatkan bagian depan dan belakang badan. Lanjutkan menjiplak pola bagian lain dan potong.

step 2

 

  • Rekatkan bagian mata, lengan dan detil-detil lain ke bagian depan badan dengan menggunakan lem kain. Jangan lupa untuk menempel manik-manik biji matanya dengan menggunakan lem. Beri mulut dengan menggunakan bolpoint snowman.

step 3

 

  • Setelah detil bagian badan depan selesai, rekatkan dengan bagian badan belakang. Diamkan beberapa saat hingga lem mengering dan anda sudah mendapatkan boneka-boneka jari yang menggemaskan.

step 4

 

 

Sumber: Cara Membuat Boneka Tangan (https://www.youtube.com/watch?v=58UvGkH8URY&t=303s )

Sejarah Singkat Boneka Tangan (https://www.fingerpuppetsinc.com/blogs/news/41515137-finger-puppet-history )

Leave a Reply