Ciri-Ciri Orang yang Berpikiran Positif dan Berjiwa Besar

Untuk bisa berpikir secara positif kita harus mengerti secara jelas ciri-ciri pikiran positif agar pemahaman kita tidak salah. Mereka yang berpikiran positif memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini:

Optimis

Ciri utama mereka yang memiliki pemikiran positif ialah memiliki optimisme tinggi dimana optimisme merupakan pemikiran penuh harapan dan percaya diri bahwa apa yang dituju akan tercapai. Sikap optimis dapat lahir saat seseorang memiliki keyakinan yang kuat bahwa mereka dapat mencapai apa yang dia harapkan dimulai dari potensi dan kekuatan dan pikiran manusia.

Kritis

Selain berpikir positif kita hrus dapat berpikir secara kritis, kreatif dan rasional. Berpikir positif tidak berarti kita melihat semua hal menjadi positif dan benar karena terkadang hal ini bisa menjadi alat pembenaran diri. Kita harus tetap melihat bahwa hal yang salah tetap salah tidak dapat dibenarkan begitu saja. Berpikir positif harus dilihat sebagaikemampuan memikirkan hal yang positif dari kondisi atau kejadian negatif sekali pun.

Tidak Mudah Menjadi Negatif

Seperti matematika, semakin besar angka positif maka semakin sulit angka tersebut berubah menjadi negatif. Begitu halnya jika kondisi pikiran positif anda berada pada skala 10 maka anda akan tetap positif walaupun pikiran negatif anda berada pada skala 4. Mereka yang memiliki semangat namun masih mudah terganggu berarti memiliki tingkat pikiran positif yang masih rendah.

Mampu Melihat Cahaya

Mereka yang berpikir positif diibaratkan mampu melihat potensi cahaya atau penerang, meskipun mereka mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan mereka akan tetap melihat harapan. Optimisme ini didapat ketika manusia mampu mellihat cahaya yang menerangi jalannya. Orang yang berpikir positif akan mampu melihat tabir atau kegelapan yang menghalang dari cita-cita dan tujuan besar sekalipun.

Manusia Berjiwa Besar

Mereka yang berjiwa besar biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Tidak besar kepala saat dipuji.
2. Tidak sombong ketika sukses dan tidak frustasi ketika gagal.
3. Tidak sakit hati pada saat di kritik karena mereka melihat bahwa pujian dan kritikan sama-sama dibutuhkan dalam kehidupan.
4. Tidak menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk memusuhi karena mereka mengerti perbedaan dapat menjadi alat pembelajaran untuk menajamkan pemahaman.
5. Mereka yang berjiwa besar lebih banyak mendengarkan
6. Tidak mengeluhkan segala macam ketidakberesan dan marah pada keadaan. Tidak menyalahkan dan tergantung pada apapun dan siapapu

Leave a Reply