Cara Mengkritik Orang Lain Dengan Halus

Mengkritik Orang Lain Tanpa Menyakiti Hati

Ketika kita mengkritik orang lain, sebagian besar dalam diri kita mengatakan bahwa hal ini untuk kebaikan mereka namun sebenarnya hal ini hanya menjadi kepuasaan dari ego kita untuk menunjukan kesalahan mereka. Sering kali penyebab kegagalan dalam hubungan antar manusia ialah karena manusia cenderung memiliki upaya untuk meningkatkan harga diri mereka dengan merendahkan orang lain. Memang ada waktunya kita harus memberi tahu kesalahan orang lain yang bekerja bersama dengan kita untuk kebaikan bersama, namun untuk melakukannya kita tidak boleh menyakiti hati orang lain dan hal ini merupakan seni tersendiri karena tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik. Seni penyampain kritik yang benar bukan dimaksudkan untuk membuat orang lain terpuruk melainkan untuk membangunkan mereka. Bukan untuk melukai perasaan tetapi untuk menolong orang lain agar semakin baik. Untuk menyampaikan kritik tanpa melukai orang lain maka kita dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Sampaikan Kritik Secara Pribadi

Ketika menyampaikan kritik cobalah untuk berbicara sehalus mungkin karena anda perlu memikirkan perasaan mereka pula. Perlu diingat untuk tidak menyampaikan kritik anda didepan publik karena sehalus apapun kritik namun jika disampaikan didepan publik maka tetap akan menjatuhkan harga diri orang lain karena mereka merasa dipermalukan.

2. Awali Kritik Dengan Pujian dan Sanjungan

Sebelum mengkritik pastikan anda memberi pujian untuk sikap mereka yang positif, hal ini akan membantu mereka untuk melihat bahwa anda tidak hanya berfokus pada hal negatif dalam diri mereka namun juga hal positif dari diri mereka. Ketika anda menyanjung, mereka akan lebih lunak untuk menerima kritik.

3. Berikan Jawaban/ Solusi Bagi Permasalahan Mereka

Ketika anda memberi tahu kesalahan dan kekurangan mereka, bantulah untuk menemukan solusi dan jawaban dari permasalahan sikap mereka karena inti dari kritik ialah bukan pada kesalahannya namun pada bagaimana penyelesaian dan cara dalam memperbaiki kesalahan sehingga tidak terulang kembali. Jangan pernah memberi jawaban “coba anda pikirkan sendiri’ karena hal ini akan membuat orang lain kesal, mereka akan merasa anda hanya asal mengkritik tidak betul-betul peduli pada kebaikan mereka.

4. Mintalah Kerjasama, Jangan Menuntut

Selalu minta mereka dengan ajakan kerjasama untuk memperbaiki kesalahan, jangan menuntut karena hal ini akan membuat orang lain kesal.

5. Satu Kritik Untuk Satu Pelanggaran

Jangan pernah mengkritik kesalahan yang sama lebih dari satu kali karena ini akan mengganggu orang tersebut. Ingat bahwa anda mengkritik untuk kebaikan mereka dan mungkin kebaikan bersama ketika bekerja, bukan untuk memenangkan ego sendiri.

6. Selesaikan Dengan Cara yang Bersahabat

Selesaikan masalah anda dengan cara yang baik dan bersahabat, jangan pernah meninggalkan masalah dalam kondisi menggantung karena ini akan cenderung membuat masalah berlarut-larut.
Gunakan dan praktikan hal yang berada dalam artikel ini maka kedepannya anda akan mendapat kesuksesaan dan kebahagian yang diimpikan karena berarti komunikasi anda dengan orang lain pada saat itu telah baik.

Image : www.sharebox.co.za

Leave a Reply