Cara Melatih Otak Agar Selalu Positif

Salah seorang psikolog Matthew Della Porta mengatakan bahwa otak manusia cenderung mencari dan menyimpan informasi yang bersifat negatif lebih cepat dibanding informasi yang bersikap positif. Sehingga untuk berpikir positif, manusia harus terus menerus melatihnya secara perlahan-lahan, berikut merupakan cara untuk melatih pikiran positif versi Matthew Della Porta:

1. Ekspresikan Rasa Terimakasih

Pikiran negatif berkembang secara cepat di otak kita dengan atau tanpa pengaruh buruk dari orang lain, apalagi jika lingkungan kita mendukung pikiran-pikiran negatif. Maka dari itu cpbalah untuk mencari hal-hal positif untuk menyeimbangkan pikiran-pikiran negatif yang datang. Luangkan waktu untuk melihat hal yang baik dari setiap kejadian walaupun kelihatannya tidak ada yang positif untuk dilihat. Jika perlu catatlah hal-hal positif yang terjadi sehingga ketika kita berada dalam negatif kita dapat membaca kembali, ahli psikologi menyarankan kita untuk selalu membuat catatan ini dan melihatnya minimal 1 minggu sekali atau anda bisa membuat catatan 1 hari sekali dan membacanya kembali sebelum tidur. Anda bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi jurnal di handphone atau laptop anda.

2. Ulanglah Kalimat Positif

Ahli periklanan mengatakan bahwa semakin sering manusia mendengar informasi maka secara tidak langsung manusia semakin mempercayainya, hal inilah mengapa iklan di tv selalu diputar secara terus menerus. Metode ini dapat dipakai untuk melatih otak agar dapat berpikir secaara positif setiap pagi tentang kelebihan dan prestasi apa saja yang anda capai selama ini. Dengan mengulangi setiap hari anda memaksa otak anda secara tidak langsung untuk menerima kata-kata ini dan secara alam bawah sadar akan merekam kata-kata ini dan akan berpengaruh ke tindakan dan pikiran.

3. Tantanglah Pikiran Negatif yang Muncul

Setiap kali pikiran negatif datang cobalah untuk selalu merespon pikiran ini karena otak kita menjadikan pikiran negatif semakin besar dan semakin teperinci jika terhasut dengan pikiran ini. Jika anda merasa sulit untuk melawannya dengan menggunakan pikiran maka carilah kegiatan lain yang akan membantu mengalihkan pikiran negatif ini.

4. Jangan Berprasangka Buruk

Berprasangka buruk terbukti menjadi salah satu penghalang utama bagi Anda yang ingin berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari. Agar Anda menjadi seorang yang terbiasa untuk berpikir positif, maka Anda harus selalu menerapkan asas praduga tak bersalah, di mana Anda dilarang keras untuk berprasangka apapun terhadap orang lain sebelum Anda bertanya mengenai fakta yang terjadi kepada pihak yang bersangkutan. Dalam hal ini, Anda harus melihat fakta terlebih dahulu sebelum memvonis orang lain.
Berprasangka buruk juga kerap kali menjurus pada aksi fitnah yang berpotensi dapat membuat permasalahan yang sebenarnya tidak terlalu besar menjadi permasalahan yang runyam dan sulit untuk diselesaikan karena adanya salah paham. Sebagai pribadi yang positif dan cerdas, Anda harus memahami bahwa berpikir positif dan memiliki pikiran yang selalu positif terhadap sekitar Anda menjadi satu hal yang harus Anda pahami dengan baik. Pahami beberapa cara melatih otak untuk selalu berpikir positif supaya Anda terbentuk dan bertumbuh menjadi seorang pribadi yang memiliki pikiran yang sehat dan positif.

Leave a Reply