Sejarah hari nusantara

Sejarah Hari Nusantara Indonesia

SEJARAH HARI NUSANTARA INDONESIA

 

Hari Nusantara merupakan peringatan kekuatan maritim Indonesia yang ditandai dengan Deklarasi Juanda 13 Desember 1945, sebagai tonggak sejarah kedaulatan bumi, air dan udara di Indonesia. Perdana Menteri ke-10 era Presiden Soekarno, Ir.R.H. Djuanda Kartawidjaya mendeklarasikan kepada dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konsep negara kepulauan ini sempat ditentang oleh beberapa negara namun perjuangan ini terus menerus dilakukan hingga konsepsi negara kepulauan dapat diterima oleh dunia. Pada tahun 1928 Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya menetapkan konvensi hukum laut internasional yang mengakui kesatuan kedaulatan darat laut Indonesia dan secara otomatis merubah wilayah Indonesia menjadi 2.5 kali lipat lebih besar, dari 2.072.085 km2 menjadi 5.193. 250 km2.

Tahun 1999 era Presiden Abdurrahman Wahid, tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara sebagai bentuk rasa syukur rakyat Indonesia akan perjuangan pendahulu untuk memperjuangkan negara kepulauan Indonesia. Setiap tanggal ini pemerintah mengharapkan rakyat mengingat kembali tugas dan tanggung jawab masyarakat saat ini untuk menjaga dan membangkitkan kembali kejayaan maritim. Saat ini pemerintah mulai kembali membangun maritim sebagai poros kekuatan negara karena dengan menguasai laut negara dapat menguasai dunia. Hal ini dimaksudkan karena laut merupakan sumber makanan, protein, obat-obatan dan laut menjadi pertahanan negara, jalur strategis perdagangan dan secara tidak langsung pengaruh Internasional. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu memperkenalkan kemaritiman kepada anak sedari dini, agar mereka mampu menghormati dan ikut menjaga kekuatan maritim di Indonesia.

 

Sumber:  Deklrasi Djuanda, Kedaulatan Maritim Nusantara (https://www.kompasiana.com/shafoderobby/deklarasi-djuanda-kedaulatan-maritim-nusantara_584facaaf092736b10380614 )

Memperingati 13 Desember Sebagai Hari Nusantara (https://nusantaranews.co/memperingati-13-desember-sebagai-hari-nusantara/ )

Mewujudkan Mimpi Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia

(https://maritim.go.id/mewujudkan-mimpi-indonesia-menjadi-poros-maritim-dunia/ )

 

Leave a Reply