Profesional Dalam Bekerja

Peraturan kode etik perusahaan berfungsi untuk melancarkan proses kerja itu sendiri, walaupun seringkali bersifat normatif namun jika karyawan sadar untuk menjadikannya sebagai perilaku maka semua yang normatif dapat menjadi perilaku positif yang nyata di tempat kerja. Dalam dunia pekerjaan, perusahaan membeli kemampuan dari karyawan (dalam bentuk gaji). Kemampuan ini berisi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Ketiga hal ini harus dimiliki oleh setiap orang dalam bekerja untuk perkembangan sebuah perusahaan maupun perkembangan karier seseorang. Perlu diingat meskipun ketiganya penting namun seringkali sikap memiliki peran yang besar. Hal ini dikarenakan sikap tidak bisa dipelajari atau dibentuk dengan cepat karena sikap muncul dari kebiasaan yang dilakukan seseorang dari proses yang lama. Sikap lebih cenderung menjadi hal yang pribadi seperti gaya bicara, kebiasaan, nada bicara, gerak tubuh dan sebagainya. Seseorang dengan sikap tertentu biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan meskipun dipaksa berubah oleh lingkungannya. Dalam dunia kerja hal ini biasanya bisa terlihat melalui psikotes yang dilakukan dan memiliki porsi besar dalam penentuan apa karyawan ini akan direkrut atau tidak. Biasanya perusahaan akan memilih orang dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, terbuka dan rendah hati karena mereka harus bisa ditempatkan dimana pun. Menjaga sikap sangatlah penting dimanapun anda berada, terlebih dalam dunia kerja karena sikap dapat mengalahkan hand skill, memungkinkan karyawan lebih kompak dalam bekerja dan mencerminkan kepribadian. Sikap profesional harus dimiliki seseorang yang menjalankan pekerjaannya sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang dimiliki dan harus melakukan sesuatu secara objektif. Dimana seseorang yang memiliki sikap profesional dapat memposisikan dirinya agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab, hubungan dan relasi, serta fokus dan konsisten terhadap urusan pekerjaan. Sehingga pada saat ini sikap profesional menjadi hal yang cukup penting di dunia kerja karena akan berdampak positif bagi perusahaan dan bagi seseorang tersebut. Sehingga persaingan yang ketat dalam dunia kerja membuat sikap profesional menjadi sesuatu yang utama. Berikut beberapa poin penting dalam sikap profesional:

1. Mempunyai ketrampilan dan pengetahuan khusus

Dalam dunia kerja, Anda harus mampu meningkatkan kualitas diri Anda dan berpegang teguh untuk melakukan pengembangan ketrampilan dan pengetahuan. Sehingga jika Anda mampu melakukan hal tersebut nantinya Anda akan memiliki kemampuan yang bagus untuk kepentingan pekerjaan Anda. Selain itu, Anda dapat bertahan didalam dunia kerja dan mampu menyukseskan karir Anda kedepannya.

2. Mempunyai sikap dan sifat yang baik

Dunia kerja tidak hanya memerlukan seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengembangan diri yang bagus akan tetapi lebih pada sikap dan sifat. Dimana sikap dan sifat yang kurang baik ini dapat mengakibatkan kehancuran karir seseorang. Sehingga Anda perlu memiliki sikap dan sifat yang baik seperti jujur, integritas, bertanggung jawab dan santun. Dimana sikap dan sifat tersebut akan membuat Anda menjadi sosok yang profesional.

3. Mempunyai tujuan

Dalam dunia kerja tidak hanya perusahaan yang memiliki tujuan, akan tetapi pekerja juga memiliki tujuan dalam bekerja dan berusaha mencapai tujuannya. Dimana tujuan akan membuat Anda termotivasi sehingga dalam melakukan pekerjaan akan dapat Anda lakukan dengan sungguh-sungguh. Dari hal diatas memiliki sikap profesional dalam pekerjaan dapat membantu Anda dalam menjadi pribadi yang dapat dihandalkan dalam pekerjaan. Akan tetapi menjadi sosok yang profesional tidak membuat Anda melupakan kehidupan Anda selain bekerja seperti kehidupan pribadi. Hanya saja dengan menjadi seseorang profesional dapat membantu Anda dalam mengatur kelancaraan karir Anda.

 

Image : www.happyworklife.de

Leave a Reply