Pentingnya Fokus Dalam Bekerja

Fokus seringkali menjadi salah satu penanda keseriusan kita dalam bekerja, dalam banyak hal kemampuan untuk fokus menjadi hal penting dalam proses mencapai tujuan. Dengan fokus maka energi mental dan fisik yang dicurahkan untuk meraih keberhasilan akan semakin besar. Fokus sangat penting dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam hal apa pun jita sangat membutuhkan kondisi fokus baik dalam bekerja. Agar tetap fokus coba lakukan 5 tips dibawah ini:

1. Memiliki Rencana dan Berani Berkomitmen

Dalam menjalani hari kita perlu mempersiapkan bekal yang merupakan rencana dan komitmen setiap harinya untuk mengoptimalkan kemampuan diri kita. Hal ini akan membantu kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tekanan hidup sehari-hari.

2. Tetapkan Tujuan atau Goal Harian

Menetapkan tujuan merupakan hal penting entah itu dalam jangka panjang atau pun jangka pendek. Sayangnya orang hanya berfokus untuk menetapkan jangka panjang saja padahal perencaan jangka pendek sangat penting untuk mencapai tujuan jangka panjang. Maka dari itu mulailah membuat daftar tujuan harian pada malam hari untuk menentukan prioritas pada keesokan harinya. Kita juga dapat membuat tujuan dengan tiga jenis, yakni: tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang dan tujuan harian.
Dalam menetapkan tujuan harian kita perlu membuat satu rencana untuk menyelesaikan masalah yang mungkin akan terjadi pada waktu tertentu. Pastikan untuk selalu mengatakan tidak pada setiap gangguan dan pada saat kesulitan dalam bekerja secar. Pastikan pula kita tahu siapa yang dapat membantu kita.

3. Bersikap Lebih Fleksibel

Sering kali kita selalu berusaha konsisten dengan apa yang telah direncanakan namun bagaimana kalau ternyata rencana tidak berjalan dengan mulus. Untuk itu kita harus memilikii sikap fleksibel yang dapat melatih untuk belajar mengendalikan emosi. Menurut para ahli kita wajib memindai tubuh untuk mengatasi ketegangan setidaknya dua kali sehari, duduk diam selama 10 menit dan berikan relaksasi pada setiap bagian dari tubuh, mulai dengan kepala hinga jari-jari kaki.

4. Segera Atasi Gangguan yang Anda Hadapi

Mengatasi gangguan merupakan hal yang cukup sulit namun sadar atau tidak produktivitas akan makin menurun disebabkan karena telepon yang berdering ataupun notifikasi dari smartphone yang seringkali bukan hal penting. Jika smartphone merupakan hal yang mengganggu anda maka cobalah untuk mematikan suara dan notifikasi anda. Berhati-hatilah pula dengan mereka yang dapat mengganggu produktifitas kerja anda.

5. Tidur Teratur dan Berkualitas

Semakin kita bertambah umur maka waktu akan terasa berjalan semakin cepat atau bahkan semakin lambat. Sehingga hal ini akan menggerogoti produktivitas dalam bekerja yang berdampak pada kurangnya waktu tidur dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Ketika anda tidur, tubuh akan memulai proses penyembuhan dan regenerasi sel-sel baru dalam tubuh anda. Kurang tidur yang bersifat kronis dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung, tekananan darah tinggi, diabetes, depresi dan rasa cemas. Tidur juga membantu otak untuk berfungsi secara optimal dan membantu meningkatkan proses pembelajaran.

Image : www.nataliebacon.com

Leave a Reply