Memberi Nilai Tambah Pada Pekerjaan

Saat ini kompetensi kian tajam sehingga keunikan menjadi nilai tambah didalam dunia kerja. Nilai tambah menjadi faktor yang menentukan bagi prospek seseorang ditempatnya bekerja. Bahkan nilai tambah inilah yang sering kali menentukan tinggi rendahnya penghargaan perusahaan kepada orang. Untuk mendapatkan nilai tambah usahakan saat membuat surat pelamaran pekerjaan untuk menonjolkan sesuatu yang menarik dan memiliki nilai jual di mata perusahaan. Anda bisa menambah kemampuan anda sebelum masuk kerja dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, kursus ataupun seminar yang dapat menunjang. Ketika telah bekerja usahakan untuk selalu bekerja cerdas bukan bekerja keras karena ini akan membantu anda untuk menjual sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Bekerja cerdas penting dilakukan, tidak hanya untuk menghilangkan bekerja keras namun agar kita bisa melakukan pekerjaan seefektif mungkin. Untuk bekerja lebih cerdas anda dapat bekerja dengan tips dibawah ini:

1. Mulai Dengan Fokus

Cobalah untuk lebih fokus dalam bekerja, agar anda dapat memberi energi penuh pada pekerjaan. Untuk membangun fokus mulailah dengan menyimpan gadget untuk meminimalisir gangguan. Dengan mengerahkan fokus maka energi untuk mental dan fisik yang dicurahkan untuk meraih keberhasilan akan semakin besar. Kita dapat langsung mengarah kepada tujuan yang diinginkan karena tidak terpecah-pecah dengan melakukan hal lain. Dengan meningkatkan konsentrasi,kita dapat bekerja dengan lebih cepat dan efektif daripada biasanya.

2. Buang Jauh Gangguan dan Hindari Multitasking

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa multitasking sebisa mungkin perlu dihindari karena dapat menurunkan bahkan merusak sistem kerja otak.

3. Buat Daftar Tugas yang Sederhana

Agar efektif cobalah untuk membatasi hal-hal yang paling penting, maksimal tiga pekerjaan selama satu hari kemudian lanjutkan dengan tugas-tugas yang kurang penting. Tiga tugas yang dimasukan dalam to do list merupakan hal paling cepat yang harus diselesaikan, setelahnya anda baru bisa berpindah ketugas yang lain. Ini merupakan cara efektif bekerja cerdas dimana kita dapat menempatkan prioritas sesuai tingkat urgensi tugas depan mata. Semakin banyak progres signifikan yang anda capai maka semakin produktif anda bekerja.

4. Bagi Pekerjaan yang Harus Diselesaikan Dalam Bagian Kecil

Jika pekerjaan yang menumpuk membuat anda stres cobalah untuk mengurainya satu persatu. Membagi tugas ke dalam bagian-bagian kecil akan membuat pekerjaan anda lebih tertata. Pecah pekerjaan yang harus diselesaikan dalam bagian-bagian kecil. Dengan cara ini pekerjaan yang dilakukan akan tampak mudah, pekerjaan tidak tampak berat dan anda lebih bersemangat memutuskannya.

Ciptakan rutinitas yang membuat anda tahu kapan harus berhenti, anda dapat menggunakan jam sebagai patokan atau anda dapat menciptakan kegiatan selepas kerja seperti olahraga, acara keluarga atau acara dengan kawan-kawan. Saat mengerti kapan harus berhenti bekerja anda akan secara sadar menciptakan sistem dalam diri untuk bekerja secara terorganisir.

Image : www.timemagazine.com

Leave a Reply