Cara Membuat Rumah Gingerbread Dari Biskuit

Cara Membuat Rumah Gingerbread Dari Biskuit

CARA MEMBUAT RUMAH GINGERBREAD DARI BISKUIT

 

Tradisi rumah gingerbread pada awalnya dimulai pada abad ke-16 di Jerman sebagai pengembangan dari resep gingerbread biasanya. Rumah gingerbread ini semakin terkenal setelah munculnya kisah Hansel dan Gretel karya Jacob Grimm dan Wilhem Grimm yang mengisahkan tentang kakak beradik yang terperangkap di rumah gingerbread milik penyihir yang senang memakan anak kecil. Sampai saat ini tradisi membuat rumah gingerbread tidak hanya dilakukan di Jerman namun di berbagai belahan dunia, terutama Eropa dan Amerika. Untuk membuat rumah gingerbread yang mudah dan sederhana kita tidak perlu membuat adonanannya, kita bisa menggunakan biskuit sebagai bahan dasarnya.

 

Alat dan Bahan:

  • Pisau Bergerigi
  • Biskuit Cracker (sesuaikan dengan jumlah rumah yang akan anda buat)
  • Air Putih (3-4 sendok makan)
  • Gula Bubuk Icing (satu mangkuk kecil)
  • Plastik (1 lembar)

 

Cara Pembuatan:

  • Untuk membuat pondasi rumah gingerbread bagian penyangga atap, ambil biskuit dan potong ujung biskuit dengan kemiringan 45 derajat dengan menggunakan pisau. Potong ujung biskuit dengan cara menggesekan pisau hingga biskuit memiliki garis yang cukup dalam untuk dipatahkan. Lakukan langkah ini untuk ujung lainnya.
step 1

step 1

  • Untuk tembok pondasi rumah gingerbread, pastikan biskuit yang anda pakai tidak  terlalu panjang atau terlalu pendek. Anda bisa menyesuaikan panjang tembok rumah gingerbread yang anda ingin buat. Jangan lupa untuk merapihkan pinggiran biskuit yang telah anda potong hingga halus.
step 2

step 2

  • Untuk merekatkan pondasi rumah, larutkan 3-4 sendok makan air putih dengan gula bubuk icing hingga kental. Masukan air putih sendok semi sendok sambil terus menerus diaduk, pastikan jangan sampai icing terlalu encer karena pondasi rumah tidak akan saling menempel. Usahakan kekentalan icing sama dengan lem putih yang biasa digunakan pada kertas.
step 3

step 3

  • Setelah anda mendapatkan kekentalan sempurna, masukan icing kedalam plastik. Ikat plastik dan potong ujung plastik.
step 4

step 4

  • Untuk membuat lantai pondasi rumah, rekatkan ujung dua biskuit atau lebih dengan icing untuk membuat lantai yang sesuai. Setelahnya beri icing diatas garis pertemuan biskuit yang telah di lem, ratakan dengan jari anda. Hal ini bertujuan agar biskuit anda lebih rekat.
step 5

step 5

  • Setelah lantai rumah gingerbread anda selesai, rekatkan pondasi tembok dan atap dengan menggunakan icing. Jangan lupa untuk selalu memberi icing kembali di tepian pondasi yang telah ditempel agar lebih aman. Tunggu sekitar 30 detik untuk setiap bagiannya agar mengering, sebelum memasang kembali. Setelah semua sisi terpasang, diamkan selama 10 menit agar pondasi rumah kokoh.
step 6

step 6

  • Untuk memasang atap, oleskan icing di satu tepi terlebih dahulu baru tepi lainnya. Pastikan sebelum memasang atap lainnya, atap yang sudah ditempel telah kering sempurna. Taruh icing di rongga antara atap agar semakin rekat.
step 7

step 7

  • Setelahnya rekatkan bagian bawah pondasi rumah dengan lantai yang telah kita buat. Anda bisa merekatkan ditengah lantai atau dipinggir lantai jika ingin menyisakan ruang untuk kebun.
step 8

step 8

  • Setelah di diamkan satu malam, maka anda sudah dapat menghias rumah gingerbread anda dengan menggunakan permen, biskuit, coklat dan gula-gula.
step 9

step 9

Sumber:  Cara Membuat Rumah Gingerbread Dari Biskuit (https://www.youtube.com/watch?v=gt7cBo9VdhQ&t=29s )

Sejarah Rumah Gingerbread (http://www.pbs.org/food/the-history-kitchen/history- gingerbread/ )

 

Leave a Reply