Bekerja Dengan Teknik Pomodoro

Bagi beberapa orang membuka sosial media sambil bekerja menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan namun hal ini sebetulnya tidak efektif untuk dilakukan karena banyak waktu yang menjadi terbuang. Sering kali kita tidak sadar bahwa hal ini merupakan gangguan yang menyita banyak waktu pekerjaan, padahal anda sudah memiliki jadwal kerja yang tersusun rapih. Untuk mengatur waktu yang dapat membuat lebih fokus maka dibutuhkan Teknik Pomodoro.
Teknik ini bekerja berdasarkan manajemen waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo dari Italia dimana dalam bekerja diselingi waktu untuk isitrahat dengan waktu tertentu. Teknik Pomodoro membagi waktu kerja yang produktif menjadi 3:

1. WORKTIME

Dalam waktu ini anda harus fokus menyelesaikan pekerjaan tanpa menerima adanya gangguan dari luar sedikit pun. Maksimal dari worktime sendiri adalah 25 menit dan tidak boleh dari itu karena setelahnya pikiran justru tidak lagi fokus.

2. BREAKTIME

Waktu ini merupakan waktu jeda singkat di antara worktime, lamanya sekitar 5-10 menit. Anda dapat memakainya untuk istirahat dan melupakan sejenak pekerjaan anda.

3. LONG BREAKTIME

Long Breaktime merupakan jeda panjang setelah satu sesi selesai. Satu sesi disini bisa berisi 3-4 kali worktime, dengan jeda 30 menit setiap breaktime. Dalam long breaktime anda bisa melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Untuk memulai kerja dengan teknik ini hanya dibutuhkan timer, atau bisa dengan menggunakan stopwatch di ponsel. Untuk memulai, lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Siapkan tugas yang akan dikerjakan, ingat untuk mendahulukan tugas prioritas atau tugas dengan deadline yang paling dekat.
  • Pasang timer di ponsel selama 25 menit
  • Ketika memasuki worktime, kerjakan tugas anda dengan fokus sampai timer berbunyi. Ingat dalam waktu 25 menit ini anda tidak boleh mengerjakan apapun diluar pekerjaan termasuk mengambil makanan ringan.
  • Ketika timer berbunyi berhentilah bekerja meskipun tugas yang dikerjakan belum selesai. Istirahatlah selama 5-10 menit. Anda bisa melakukan apapun saat ini
  • Setelah breaktime kembalilah ke pekerjaan anda yang belum selesai dan pasang kembali pengatur waktu anda selama 25 menit.
  • Jika anda telah terbiasa melakukan langkah-langkah ini maka anda bisa menambah waktu kerja anda dengan istirahat yang lebih lama pula. Jika anda belum sanggup menambah waktu kerja anda maka lakukan seperti langkah awal.

Jika anda biasa menerapkan teknik ini maka anda akan mendapat manfaat seperti:

  • Lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.
  • Menuntaskan lebih banyak pekerjaan dengan waktu singkat karena ada rasa urgensi.
  • Menghilangan kebiasaan multitasking.
  • Menurunkan kadar stres yang disebabkan karena melakukan satu pekerjaan yang sama dalam durasi waktu tertentu.
  • Menjauhi sikap menunda-nunda tugas.

Image : www.huffingtonpost.com

Leave a Reply