Pentingnya Mempersiapkan Dana Hari Tua

Banyak orang yang seringkali lupa untuk mempersiapkan masa pensiun mereka, sehingga seringkali ketika waktu pensiun tiba banyak yang merasa stress dan sakit berkepanjangan. Umumnya mereka yang masih muda merasa tidak nyaman untuk memikirkan dana hari tua, padahal waktu inilah yang ideal untuk menyiapkan masa pensiun karena ketika masih muda kita masih bekerja dan mendapat pemasukan rutin. Anda harus ingat walaupun ketika tua nanti kita tidak memiliki penghasilan tetap, namun kita tetap memerlukan dana karena akan ada selalu pengeluaran walaupun kecil. Dibawah ini merupakan beberapa alasan mengapa kita harus mempersiapkan dana untuk hari tua:

1. Sudah Tidak Punya Penghasilan

Ketika sudah tua anda hanya memiliki kemungkinan kecil untuk tetap bekerja karena banyaknya keterbatasan membuat banyak orang dipensiunkan. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan dana untuk menopang hidup ketika sudah tua karena meskipun kita tidak lagi menerima pendapatan namun kita tetap memiliki pengeluaran setiap harinya.

2.Biaya Kesehatan Mahal

Umumnya dengan semakin bertambahnya usia maka kesehatan kita akan semakin menurun, tidak sekuat dan sesehat ketika masih muda. Sehingga seringkali ketika memasuki masa tua, manusia lebih rentan sakit bahkan terkadang harus melakukan pemeriksaan rutin yang biayanya tidak sedikit. Biaya kesehatan bagi pensiunan pegawai negeri biasanya sudah dibiayai oleh Asuransi Kesehatan namun bagi yang tidak memiliki fasilitas tersebut, biaya berobat biasanya diambil dari tabungan yang pribadi. Namun saat ini kita perlu bersyukur karena pemerintah telah mengeluarkan jaminan kesehatan, BPJS dimana setiap bulan masyarakat wajib membayar iuran yang telah ditetapkan pemerintah. Iuran inilah yang nantinya akan membantu masyarakat untuk membayar biaya kesehatan. Program ini dapat berlaku untuk semua masyarakat bahkan bagi mereka yang tidak mampu akan dibiayai oleh pemerintah.

3. Tidak Mau Bergantung Kepada Orang Lain

Bagian paling menyedihkan dari menjadi lansia adalah ketika kita harus selalu bergantung kepada anak atau orang lain, apalagi ketika setiap kegiataan yang akan diikuti harus selalu bergantung kepada anak. Dengan hidup secara mandiri hampir semua orang tua merasa bahagia karena mereka memiliki harga diri yang membuat mereka bisa lebih menikmati hidup.

4. Ingin Melayani

Melayani sesama dan rajin beribadah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang sudah tua. Namun perlu diingat ketika kita ingin melayani dan mengharapkan hasil yang baik kita harus memiliki kemandirian keuangan yang baik pulz, minimal untuk biaya transportasi ataupun biaya lain yang mungkin harus dikeluarkan. Jangan sampai niatan untuk melayani dan membantu sesama malah membuat kita menyusahkan orang. Kemandirian keuangan inilah yang salah satunya didapat dari tabungan hari tua.

Dalam mempersiapkan dana hari tua, kita dapat menyisihkan dana dari pendapatan dan dialihkan dalam bentuk lain, yakni:

1. Tabungan

Menabunglah semampu anda, tidak masalah besar kecilnya nominal yang penting sisihkan. Nominal yang ditentukan seringkali membuat anda akan merasa terbebani maka sesuaikan dengan keadaan keuangan anda, jika pendapatan anda sedang lebih anda bisa menabung lebih besar dan kalaupun tidak maka sesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki.

2. Emas

Emas merupakan persiapan dana yang paling baik karena harga emas yang selalu naik terus menerus setiap waktunya.

3. Tanah atau buat kontrakan

Sama dengan harga emas, harga tanah juga selalu naik terus menerus. Jika harga tanah terlalu mahal cobalah untuk membeli rumah kecil dan dikontrakan sehingga setiap tahun akan selalu ada pemasukan tetap.

4. Reksa Dana

Reksa dana merupakan investasi yang dapat disesuaikan nominal setornya dan dana yang disetorkan pun bisa berlipat tergantung situasi pasar saat itu.

Image : http://www.unitedwaymiami.org

Leave a Reply