Menabung Pasti Untung

Siapapun pasti akan mengatakan bahwa menabung penting untuk menghadapi masa yang akan datang terutama untuk keperluan yang tidak terduga. Dengan rajin menabung kita memiliki persediaan uang yang siap pakai. Agar jumlah tabungan bertambah semakin banyak cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, maka dari itu usahakan untuk selalu membuat catatan dan daftar pengeluaraan secara rutin.

1. Menabung itu Perlu Belajar

Siapapun pasti tahu bahwa menabung terdengar mudah namun sulit untuk dilaksanakan tetapi bukan berarti tidak bisa. Bagi anda yang ingin rajin menabung maka belajarlah untuk membiasakan diri karena menabung memerlukan niat dan tekad kuat yang muncul dari hati.
Menabung memang perlu dibiasakan sedari kecil, tidak hanya keluarga saja yang harus membantu menanamkan hal ini namun juga institusi pendidikan. Menabung harus segera dimulai walaupun dari jumlah sedikit namun yang penting menabunglah secara rutin.

2. Menabung Perlu Disiplin

Jika telah berhasil menabung selanjutnya yang harus kita perhatikan ialah kedisiplinan diri. Jangan sampai anda lupa atau malas menabung dengan jumlah yang telah ditetapkan. Tanpa disiplin diri maka anda tidak akan dapat mencapai target yang diinginkan. Tahan jangan sampai anda mengambil uang di tabungan untuk membeli barang-barang yang tidak penting karena, sering sekali kita tidak sadar telah mengambil uang tabungan secara terus menerus hingga mengakibatkan tabungan habis tidak berbekas.

 

Tujuan Menabung

Ketika niat menabung telah ada maka coba untuk menetapkan tujuan, hal ini akan lebih membantu anda untuk disiplin dalam menabung. Dibawah ini merupakan beberapa contoh tujuan orang untuk menabung, yakni:

1. Tabungan Dana Tak Terduga

Dalam keluarga, dana tak terduga sangat penting karena sesuai namanya tabungan ini digunakan untuk mengantisipasi dana yang sifatnya tak terduga (misalnya: musibah, sakit atau karena ada yang meninggal dunia). Usahakan agar tabungan ini tidak diambil untuk keperluan lain kecuali untuk hal yang sifatnya tidak terduga. Bisa dipastikan bahwa mereka yang sudah mahir menyusun anggaran belanja keluarga pada umumnya mempunya tabungan dana tak terduga yang cukup. Bahkan seorang ahli mengatakan bahwa idealnya jumlah tabungan dana tak terduga harus mencapai enam kali pendapatan saat ini, hal ini dikarenakan jumlah dana sekian dapat mengantisipasi bila secara mendadak anda kehilangan pekerjaan dengan alasan apapun.

2. Tabungan Hari Tua

Untuk jenis ini anda bisa menabung di asuransi, bank ataupun koperasi kredit dan yang terpenting selalu usahakan untuk tidak mengambil tabungan untuk keperluan lain anda apapun jenisnya karena tabungan ini ditujukan untuk hari tua anda.

3. Tabungan Lain-Lain

Tabungan ini perlu dianggarkan dengan tujuan untuk berjaga-jaga apabila ada keperluan mendadak dan bersifat fleksibel. Tabungan ini lebih bersifat kepada hobi ataupun untuk keluarga dan diri anda sendiri (misalkan: liburan mendadak keluarga besar, kado ulangtahun, hobi sepeda suami dsb)

Ketika menabung anda bisa melakukannya di berbagai tempat, seperti:

1. BANK

Menabung di bank sangat umum dilakukan oleh banyak orang. Untuk menabung di bank anda dapat memilih bank apapun yang sesuai, bahkan bertransaksi pun dapat menghemat waktu dengan ATM apalagi saat ini terlah tersedia Mobile Banking dan Internet Banking. Namun perlu diingat ketika anda telah memutuskan untuk menyimpan uang di bank maka anda harus membayar biaya andministrasi dengan biaya yang berbeda-beda setiap banknya.

2. Koperasi Kredit

Banyak Koperasi Kredit sekarang ini telah berkembang besar, bahkan menurut berita di Flores keberadaannya sudah setaraf dengan bank-bank disana. Hal ini dimungkinkan karena koperasi kredit mudah dilakukan, tidak berbelit-belit dan cukup memadai. Banyak keistimewaan yang didapat dengan menyimpan koperasi kredit salah satunya karena anggota tidak dikenakakan biaya administrasi.

3. Secara Tradisional

Tabungan tradisional disini sering kali dilakukan oleh orang-orang lama karena dulu mereka belum mengetahui keberadaan bank dan bahkan sampai saat ini desa-desa terpencil masih sering memakai cara ini. Namun sayangnya tabungan tradisional lebih bersifat efektif dan hanya untuk jangka pendek. Biasanya uang yang di tabung berbentuk logam karena uang jenis ini tahan ngengat. Celengan ini bisa berupa celengan berbentuk hewan berbahan tanah liat atau bisa juga dengan menimbun kotak didalam tanah. Hal ini akan membantu kita untuk tidak mengambil uang yang disimpan secara sembarangan karena cara tradisional ini cukup merepotkan bila diambil berkali-kali.

4. Investasi

Agar tidak salah langkah dalam berinvestasi maka anda perlu mempersiapkan diri dengan meluangkan waktu untuk mempelajari masalah investasi melalui buku atau berkonsultasi dengan beberapa ahli. Ada beberapa media investasi yang sering digunakan yakni tabungan, deposito, saham, valuta asing, reksa dana, logam mulia, tanah dan properti. Setiap jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ada yang keamananya tinggi namun keuntungannya rendah ataupun sebaliknya. Maka dari itu pelajarilah terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Image : http://www.money-rates.com

Leave a Reply