Jangan Asal Sibuk Kerja

Ada beberapa orang yang dapat melakukan apapun secara bersamaan namun pada akhirnya tidak satupun yang dapat terselesaikan dengan baik, adapula yang merasa frustasi karena merasa usaha yang dilakukan tidak dihargai. Pada dasarnya setiap pekerjaan membutuhkan hasil yang nyata bukan hanya sekedar omong kosong dan kesibukan tanpa hasil. Sering kali orang salah melihat bahwa kerja yang benar adalah kerja sibuk dan lupa dengan kerja produktif, padahal kedua hal ini sangat berbeda.

NoSIBUKPRODUKTIF
1Ingin terlihat kalau waktunya tersita untuk melakukan pekerjaan. Berusaha menyembunyikan keraguan tentang tujuan hidup dengan bertindak percaya diri dalam langkah-langkah kecil (yang seringkali tidak penting)Memiliki misi yang jelas dan melaksanakan tanpa perlu dilihat orang.
2Memiliki banyak prioritasHanya memiliki beberapa prioritas karena orang yang produktif mengerti jika terlalu banyak prioritas yang diambil maka sama artinya dengan anda tidak memiliki prioritas.
3Fokus pada tindakan (tanpa pertimbangan)Fokus pada kejelasan sebelum mulai bertindak.
4Berbicara tentang betapa sedikit waktu luang yang mereka memilikiCukup membiarkan hasil yang bicara.
5Berbicara tentang betapa sedikit waktu luang yang mereka memilikiSelalu meluangkan waktu untuk hal yang penting karena mereka mengerti mana yang prioritas dan bukan.
6Dapat melakukan apapun yang bersamaan atau beriringan. Walaupun pada akhirnya tidak ada satu pun yang dapat terselesaikan dengan baik.Lebih memilih fokus pada satu hal agar dapat memberikan hasil yang baik dan memuaskan.
7Sibuk merespon email, chat dan segalanya dengan cepat.Memilih menggandakan waktu untuk itu semua
8Ingin orang lain untuk menjadi sibuk seperti merekaIngin orang lain untuk menjadi lebih efektif
9Berbicara bahwa mereka akan berubahMembuat perubahan tersebut.

Ketika Kerja Dianggap Sebagai Beban

Jika anda merasa enggan berhenti bekerja bahkan untuk beristirahat atau selalu bangun dengan berseri-seri maka ini menandakan anda bekerja ditempat yang sesuai dengan bidang yang diminati. Anda tidak memiliki keinginan untuk berhenti dan beristirahat karena anda berkonsentrasi penuh pada tugas yang sedang dikerjakan dan menjadi terfokus sehingga lupa waktu. Kondisi ini oleh Mihaly Csikszentmihalyi seorang psikolog Hungaria disebut sebagai “flow”.
Flow merupakan keadaan pikiran atau mental seseorang dalam sebuah aktivitas atau kegiatan yang membuat mereka fokus dan terlibat penuh dalam proses yang sedang dilakukan. Hal ini dapat membuat orang lupa waktu bahkan lupa diri yang menyebabkan rasa lapar dan bosan tidak terasa. Namun ketika kondisi anda di pekerjaan ternyata berkebalikan dengan flow maka ada baiknya jika anda mulai berhati-hati dan tidak membiarkan keadaan ini berlangsung lama. Jangan sampai pekerjaan yang anda lakukan saat ini hanya menjadi sekedar tanggung jawab dan beban hanya agar kehidupan anda tetap dapat berlangsung.

Kerja Santai Tapi Maksimal

Masih banyak perusahaan di Indonesia yang masih memberlakukan peraturan ketat, persaingan keras dan sistem yang serius dengan alasan agar karyawan lebih disiplin dan produktif, sehingga target yang diingikan perusahaan tercapai. Namun suasana kerja seperti ini terbukti tidak menjamin berdampak positif terhadap karyawan, sebaliknya suasana santai dan ceria justru dapat memacu produktivitas karyawan sehingga target perusahaan pun tercapai. Cara kerja ini telah dibuktikan oleh perusahaan Google, dimana menurut perusahaan ini mereka bukanlah pabrik atau perusahaan yang serius karena mereka hanya menjalankan slogan Google “we do cool things that matter”. Majalah Fortune dan Great Place to Work Institute menyebutkan bahwa Google merupakan perusahaan terbaik untuk masyarakat bekerja.
Namun tetap perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dengan sistem kerja yang longgar karena terlihat terlalu santai dan sebaliknya tidak semua orang cocok dengan cara kerja yang serius. Maka cara setiap orang menikmati pekerjaannya pun bergantung dari setiap karakter orang.

Menikmati Pekerjaan

Cara paling mudah agar kita dapat menikmati pekerjaan adalah dengan melakukan pekerjaan di bidang yang disenangi sehingga kita dapat merasakan kepuasaan pada saat mengerjakannya. Seringkali yang memungkinkan kita tidak mendapat kepuasaan dalam bekerja ialah masalah tantangan pekerjaan itu sendiri. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin bagi kita tidak ada tantangannya sehingga membuat bosan dan malas atau ada pula pekerjaan yang terlalu berat sehingga membebani kita. Apapun alasannya pada akhirnya kitalah yang harus bisa mencari celah untuk dapat menikmati pekerjaan yang sedang dijalankan. Berikut ini merupakan beberapa tips dari lifehack.org bagaimana cara menikmati pekerjaan agar tidak terasa berat:

1. Lakukan Hal yang Anda Cintai dan Cintai Apa yang Anda Lakukan

Seringkali orang bingung apakah mereka harus melakukan apa yang disukai atau menyukai apa yang dilakukan. Namun cara yang terbaik untuk dapat berbahagia saat bekerja ialah dengan melakukan apa yang anda cintai terlebih dahulu. Dengan melakukan hal ini, kita dapat fokus pada hal didepan mata yang menawarkan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang dicintai dalam kegiatan sehari-hari. Begitu anda sudah menemukan tempat di mana bisa berkembang dan menemukan tampat yang pas dan fokus pada hal yang disukai maka anda akan senang. Namun berusahalah untuk selalu mencari alasan untuk berpikir dan bersikap positif

2. Coba Carilah Hal Positif Dalam Situasi Apapun

Setiap orang memiliki tingkat kebahagiaan yang berbeda dalam menghadapi masalah namun selalu ingat untuk selalu meluangkan waktu untuk tersenyum sejenak ketika sedang dilanda situasi yang kurang menyenangkan didalam pekerjaan. Hal ini dikarenakan budaya kerja yang sehat dibentuk oleh tiap individu dengan bagaimana mereka menyingkapi keadaan disekitarnya.

3. Jangan Mengambil Pusing Hal-Hal Kecil

Ketika bekerja seringkali kita melakukan kesalahan yang menjadi masalah maka perbaiki masalah yang dapat diperbaiki dan lupakan masalah yang tidak penting. Setiap masalah tidak perlu anda pikirkan secara berlarut namun yang terpenting bagaimana aanda menghadapi masalah tersebutl yang penting karena pada kenyataanya hal kecil dapat terus bertambah besar jika tidak diselesaikan dan berujung pada bencana bagi anda sendiri. Maka carilah hal positif dan abaikan hal-hal kecil yang mengganggu pikiran anda.

4. Kompak Dengan Rekan Kerja

Anda mungkin memiliki banyak hal yang berbeda dengan rekan kerja namun cobalah untuk membangun landasan dan fokus pada hal-hal yang sama. Hubungan yang baik akan dapat membantu anda, begitupula hubungan buruk dengan rekan kerja dapat mengggagalkan karier apapun yang anda kerjakan.

5. Jeli Dalam Mengambil Kesempatan

Jangan takut untuk mengambil kesempatan baik yang datang dan pastikan untuk selalu melihat setiap sisi dalam mengambil kesempatan, agar anda tidak menyesal diakhir. Persiapkan segala hal dari awal, lakukan penelitian terhadap kemampuan diri dan pahami semua keputusan. Ambil keputusan dengan berani dan percaya diri dan hadapi segala resiko yang dibuat.

6. Buat Perencanaan

Tanamkan pada diri anda untuk melakukan hal besar dan temukan cara untuk memanfaatkan potensi dengan berpikir besar. Buatlah tujuan yang menantang dan kembangkan rencana yang dimiliki.

 

image : www.beritakoplak.net

Leave a Reply