Apa Alasan Dari Tujuan Kita Bekerja ?

Bukan Tentang Soal “Kerja Apa”

Seringkali orang masih melihat bahwa beberapa jenis pekerjaan tertentu lebih hebat dibanding yang lain. Seringkali pekerjaan-pekerjaan inilah yang menjadi cita-cita anak sedari kecil (contoh: dokter, pilot, astronaut, pengacara, presiden, guru, polisi dsb). Padahal perlu disadari bahwa semua pekerjaan apapun itu sangatlah penting tergantung bagaimana menjalaninya.

Lebih Dari Urusan Materi

Seringkali tujuan pekerjaan hanya dilihat untuk mendapatkan uang sehingga banyak orang bekerja hanya sekedar untuk bekerja tanpa memiliki tujuan dan motivasi kuat dalam mewujudkan impian dan pengembangan diri. Maka dari itu cobalah untuk bertanya pada diri sendiri apakah kita memiliki motivasi untuk bekerja atau ternyata kita merupakan salah satu tipe yang hidup untuk bekerja.

1. Lebih Dari Urusan Mengejar Materi

Ada beberapa orang yang ditanya oleh Restia Ningrum tentang tujuan bekerja, dan beberapa dibawah ini merupakan jawaban yang dikemukakan oleh mereka:

  • Agar lebih produktif
  • Mendapat pahala
  • Menerapkan ilmu yang telah dipelajari
  • Mendapat uang
  • Meningkatkan kemampuan
  • Menghilangkan kebosanan
  • Membangun relasi
  • Beribadah

Walaupun jawaban diatas bervariasi namun ini cukup mewakili pemikiran dan tujuan dari berbagai orang.

2. Sukses = Kaya

Tidak dapat dihindari bahwa semua membutuhkan uang namun jika tidak dipergunakan dengan baik hal ini dapat menjadi sumber malapetaka, bukan sumber daya yang memperkaya makna hidup. Sehingga akan lebih baik jika anda memiliki motivasi bekerja yang mendahulukan nilai-nilai kehidupan dan bukan karena digerakan oleh uang. Mereka yang bekerja untuk nilai akan berpikir bagaimana menyalurkan apa yang dimiliki untuk dipakai. Semenjak kecil kita dipesankan untuk menjadi orang yang berhasil mencapai cita-cita dan menebar manfaat seluas-luasnya dan semenjak kecil manusia yang sukses selalu digambarkan sebagai manusia yang telah menjadi “orang”.

“Orang” disini memiliki arti bahwa manusia dapat menyadari serta menggunakan semua fungsi dan kapasitas dalam diri mereka untuk kebaikan orang lain dan masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan dirinya pribadi. Beberapa negara seperti Cina, Korea Selatan dan Cili membuktikan bahwa manusia modern lebih peduli pada kebutuhan-kebutuhan personal seperti kesehatan dan hubungan dalam keluarga, tidak hanya karena uang. Ketika kebutuhan pokok sudah dapat terpenuhi dengan baik maka uang bukanlah tujuan utama manusia bekerja.

3. Motivasi Untuk Menolong

Bekerja merupakan sebuah kegiatan tolong menolong antar manusia, sedangkan uang hanyalah satu hasil yang didapatkan dari kegiatan ini. Sebagai pemilik, membuat lapangan pekerjaan dan merekrut orang lain secara tidak langsung telah menolong mereka untuk mendapat tempat dalam menyalurkan pemikiran, tenaga dan keterampilan. Pemilik perusahaan bisa jadi mendirikan usahanya dengan cita-cita membangun perusahaan yang dapat membantu memajukan daerahnya, sehingga bisnis tidak selalu identik dengan profit. Sebagai pegawai kita dapat menjadi penolong dalam mewujudkan cita-cita perusahaan dengan menyumbangkan ilmu, tenaga dan keterampilan untuk membangun perusahaan bersama-sama. Sehingga dengan demikian pemilik perusahaan dan seluruh pegawai perusahaan dapat memiliki motivasi yang sama untuk saling tolong menolong satu sama lain dan secara tidak langsung kondisi ini akan memunculkan hubungan kerja yang positif.

Image : http://www.workingmother.com

Leave a Reply