Kisah Sukses Soichiro Honda “Belajar Dari Kegagalan”

Setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan sekecil apapun, namun kegagalan ini merupakan hal wajar yang harus dihadapi oleh manusia agar kesalahan yang terjadi dapat menjadi pembelajaran setelahnya. Maka dari itu ada beberapa prinsip yang harus anda pegang untuk dapat belajar dari kegagalan sebelumnya:

1. Memahami Orang Lain

Orang yang tidak pernah merasakan gagal seringkali tidak dapat memahami kesalahan yang dilakukan oleh orang lain. Padahal kesalahan merupakan suatu hal wajar yang harus diperbaiki dan jika kita merupakan atasan maka kita memiliki tanggung hawab untuk membantu karyawan lain untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.

2. Jangan Menghakimi

Jangan pernah menghakimi orang karena dengan menghakimi kita tidak bisa melihat masalah secara jelas.

3. Bijak Dalam Membuat Aturan

Setiap peraturan ada untuk dipatuhi bukan dilanggar, namun jangan sampai hal ini membuat anda terlalu kaku dengan kesalahan.

4. Jangan Pernah Berpikir Anda Sempurna

Merasa sempurna merupakan hal paling berbahaya yang dapat menjerumuskan kita. Dengan merasa sempurna kita menjadi tidak mau melihat kesalahan dan kekurangan diri sendiri yang bisa jadi menjadi sandungan dalam kesuksesaan.

5. Kesempurnaan Bukan Milik Manusia

Kesempurnaan tidak menjadi sifat dasar manusia karena kesalahan akan selalu hadir mau tidak mau, sadar tidak sadar. Setiap kesalahan yang kita lakukan menjadi bukti bahwa kita merupakan manusia biasa.

Semua ini dapat kita pelajari dari pendiri perusahaan otomotif terkenal di Jepang, Soichiro Honda yang dalam prosesnya sering mengalami kegagalan, bahkan di sekolahnya ia selalu mendapatkan nilai jelek. Kecintaanya kepada mesin muncul karena melihat profesi ayahnya sebagai reparasi mesin pertanian. Setelahnya ia banyak belajar ketika bekerja di Hart Shokai Company dan pada akhirnya mendirikan pabrik motornya sendiri. Dengan situasi perang dunia pada waktu itu sempat membuat usaha Honda bangkrut namun dengan kegigihannya Honda dapat berdiri sampai sekarang. Menurutnya keberhasilannya didapat karena ia selalu memiliki lima resep, yakni:

  • Selalu berambisi dan berjiwa muda.
  • Menghargai teori yang sehat, temukan gagasan baru dan khususkan waktu untuk memperbaiki produksi.
  • Bekerjalah dengan senang hati dan buat kondisi kerja anda senyaman mungkin.
  • Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
  • Selalu ingat betapa pentingnya penelitian dan kerjasama.

Image : https://addicted2success.com

Leave a Reply