Kisah Sukses Michael Dell “Memilih Kesunyian, Menjauhi Keramaian”

Ada pepatah mengatakan bahwa “sebagus apapun keramain akan membawa kepada kesulitan”, jika diterjemahkan hal ini bisa menjadi karena banyaknya persaingan di tempat ramai sehingga realisasi ide tidak dapat dijalankan dengan baik atau bahkan seringkali ide yang kita dapat tidak maksimal. Michael Dell pencipta laptop Dell memiliki kebiasaan menghindari keramaian, menurutnya keramaian hanya membuatnya terasa pusing dan membuatnya sulit untuk menyusun ide-ide yang dianggap penting. Walaupun ketika jenuh ia tetap mencari tempat sepi untuk melepas kejenuhannya. Memang tidak semua orang memiliki karakter yang sama seperti Dell namun banyak orang sukses yang tidak terlalu suka dengan keramaian karena ditempat sunyi lah mereka menemukan kedamaian dan ide-ide penting.

Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.

Michael Saul Dell dilahirkan pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston ke ortodontis ayah dan ibu yang bekerja sebagai manajer uang. Dell tertarik pada komputer dari usia yang sangat muda dan sudah menarik mereka terpisah pada usia 15. Dia kuliah di University of Texas dengan harapan untuk menjadi dokter namun studi ditinggalkan untuk memulai usaha sendiri di baru 19 tahun.

Dengan hanya satu ribu dolar di saku Dell mulai “PC’s Limited” pada tahun 1984. Dari asrama universitas kamarnya Dell mulai membangun dan menjual komputer pribadi dari komputer bagian saham. Ide yang mengatur pengusaha muda terpisah dari orang lain adalah menjual langsung kepada pelanggan, bukan melalui pihak ketiga untuk menjual produknya.

PC’s Limited memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan komputer mereka sebelum kustom dibangun untuk spesifikasinya. Harga dapat disimpan juga jauh lebih rendah daripada kompetisi Limited PC karena mereka tidak memiliki toko untuk mempertahankan atau perantara untuk membayar komisi kepada. Semua komputer yang dijual langsung kepada pelanggan dengan menggunakan formulir pemesanan, pesanan telepon, dan sekarang pesanan Internet.

Pada tahun 1988 PC’s Limited memiliki berubah nama menjadi “Dell Computer Corporation” dan memiliki penawaran umum perdana (IPO) yang menghargai perusahaan di sekitar $ 80 juta. Pada tahun 1992 Dell Computer Corporation yang terdaftar di daftar Fortune 500 dari lima ratus perusahaan terbesar di dunia, membuat Michael Dell CEO termuda yang pernah memimpin sebuah perusahaan Fortune 500.

Perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara dramatis dari tahun ke tahun, akhirnya menjual lebih banyak komputer di Amerika Serikat daripada perusahaan PC lainnya (termasuk Compaq).

“Dell Computer Corporation” menjadi “Dell Inc” saat mereka pindah ke wilayah bisnis. Dell Inc sekarang memiliki berbagai produk yang termasuk memperluas sistem hiburan rumah dan perangkat pribadi.

Michael telah menerbitkan bukunya sebagian otobiografi “langsung Dell Dari: Strategi Itu sebuah revolusi Industri”. Buku ini ditulis dalam gaya, menghibur cepat tanggung yang menjelaskan bagaimana Dell berbalik perusahaannya senilai $ 1.000 ke mega-korporasi lebih dari $ 100 miliar. Dell mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO di Dell Inc pada tahun 2004 tetapi tetap menjadi Ketua Dewan.

Michael Dell menggunakan sebagian dari kekayaan yang besar untuk kegiatan amal, dan telah memulai “Michael dan Susan Dell Foundation” dengan istrinya Susan. Organisasi ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di Amerika Serikat maupun internasional. Sebuah surat dari Susan dan Michael Dell menyatakan bahwa peran yayasan ini adalah untuk fokus pada “pendidikan yang berkualitas .. dan kesehatan yang baik bagi anak-anak Kami menyadari bahwa masalah tersebut secara langsung terhubung.. Jika anak-anak memiliki sarana yang diperlukan untuk merawat mereka badan dan pikiran sekarang, potensi untuk sukses pada masa mendatang sangat meningkat. ” Dell Michael beserta Keluarga tinggal di salah satu rumah terbesar di Austin, Texas dan telah dilaporkan 15 rumah terbesar di dunia.

Image : http://succeedfeed.com

Leave a Reply