Kisah Sukses Thomas Alva Edison “Berani Mengambil Risiko”

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan kata berani berbeda dengan nekat. Orang yang nekat sering kali mengambil keputusan tanpa disertai perhitungan, sedangkan berani lebih disertai dengan keputusan yang penuh perhitungan. Dua kata ini merupakan hal yang mungkin terlihat sederhana namun jika kita mengerti arti dari setiap kata ini maka kita tidak akan tersesat dalam kehancuran. Namun menjadi berani tidaklah cukup, dibutukan bukti atau komitmen untuk dapat menjadi sukses dan ini merupakan hal yan harus dimiliki walau berat dalam melaksanakannya karena akan percuma jika hidup kita hanya sekedar teori tanpa praktik. Sama halnya dengan Thomas Alva Edison, tanpa adanya perwujudan maka mungkin bola lampu hanya akan menjadi teori sampai sekarang. Menurut Brian Tract jika ingin sukses maka kita harus berani mengambil risiko karena masa depan dimiliki oleh para pengambil risiko bukan pencari keamanan. Semakin anda mencari keamanan maka justru akan semakin sedikit peluang yang akan didapat. Banyak orang takut untuk menghadapi resiko dalam hidup mereka karena dampak negatif yang mungkin akan didapatkan jika salah langkah. Padahal kehidupan yang kita jalani setiap hari sudah penuh dengan resiko.

Thomas Alva Edison (11 Februari 1847-18 Oktober 1931) adalah seorang Amerika penemu dan pengusaha, yang digambarkan sebagai penemu terbesar di Amerika. Dia mengembangkan banyak perangkat yang sangat mempengaruhi hidup di seluruh dunia, termasuk fonograf, kamera gambar gerak, dan tahan lama, praktis listrik lampu. Dijuluki “The Wizard of Menlo Park”, dia adalah salah satu penemu pertama untuk menerapkan prinsip-prinsip produksi massal dan kerja sama skala besar untuk proses penemuan, dan karena itu, dia sering dikreditkan dengan penciptaan penelitian industri pertama laboratorium.

Edison adalah penemu produktif, memegang paten AS 1,093 dalam nama-Nya, dan juga banyak paten di Inggris Raya, Prancis, dan Jerman. Lebih penting daripada jumlah paten Edison adalah dampak luas penemuannya: lampu listrik dan listrik, suara rekaman, dan gambar gerak semua didirikan industri-industri baru besar di seluruh dunia. Edison penemuan menyumbang komunikasi massa dan, dalam tertentu, telekomunikasi. Ini termasuk sebuah ticker saham, perekam suara mekanis, baterai untuk sebuah mobil listrik, listrik, merekam musik dan gambar gerak. Karyanya lanjutan di bidang ini adalah suatu perkembangan awal kariernya sebagai seorang operator telegraf. Edison mengembangkan sistem pembangkit listrik dan distribusi untuk rumah, Bisnis, dan pabrik-pabrik-pembangunan penting di dunia industri modern. Pembangkit nya pertama adalah pada Pearl Street di Manhattan, New York.

Thomas Edison dilahirkan di Milan, Ohio, dan dibesarkan di Port Huron, Michigan. Dia adalah anak ketujuh dan terakhir Samuel Ogden Edison, Jr. (1804 – 1896, lahir di Marshalltown, Nova Scotia) dan Nancy Matthews Elliott (1810 – 1871, lahir di Chenango County, New York). Ayahnya, anak seorang pengungsi loyalis, pindah sebagai seorang anak dengan keluarga dari Nova Scotia, menetap di barat daya Ontario (kemudian disebut Upper Canada), di sebuah desa yang dikenal sebagai Shewsbury, kemudian Wina, oleh 1811. Samuel Jr. akhirnya melarikan diri Ontario, karena ia ikut serta dalam pemberontakan Mackenzie gagal 1837. Ayahnya Samuel Sr., sebelumnya telah berjuang dalam Perang 1812 sebagai kapten Resimen Middlesex pertama. Sebaliknya, Samuel JR ‘s perjuangan menemukan dia di pihak yang kalah, dan dia menyeberang ke Amerika Serikat di Sarnia-Port Huron. Setelah melintasi perbatasan, ia menemukan jalan ke Milan, Ohio. Garis keluarga laki-laki adalah Belanda dengan cara New Jersey; nama awalnya telah “Edeson.” Edison hanya menghadiri sekolah selama beberapa bulan dan sebaliknya diajarkan oleh ibunya. Banyak pendidikannya berasal dari membaca RG Parker sekolah filsafat alam dan Cooper Union untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan seni.

Edison mengembangkan masalah pendengaran pada usia dini. Penyebab ketulian nya telah dikaitkan dengan serangan demam skarlatina selama masa kanak-kanak dan berulang infeksi telinga tengah tidak diobati. Di tengah karirnya, Edison disebabkan gangguan pendengaran untuk dipukul di telinga dengan Kondektur kereta api ketika laboratorium kimia di boxcar terbakar dan ia dilemparkan dari kereta api di Smiths Creek, Michigan, bersama dengan aparat nya dan bahan kimia. Dalam tahun-tahun berikutnya, ia dimodifikasi cerita mengatakan cedera terjadi ketika konduktor, membantu dia ke kereta yang bergerak, mengangkat dia oleh telinga.

Edison keluarganya pindah ke Port Huron, Michigan, setelah rel kereta api dilewati Milan pada tahun 1854 dan bisnis yang menurun. Edison dijual permen dan Surat Kabar di kereta api yang berjalan dari Port Huron Detroit, dan menjual sayuran. Dia sebentar bekerja sebagai seorang operator telegraf 1863 untuk kereta api Grand Trunk di Kereta Stratford, Ontario pada usia 16. Ia adalah bertanggung jawab dekat tabrakan. Ia juga belajar analisis secara kualitatif dan dilakukan percobaan kimia di kereta api sampai ia meninggalkan pekerjaan.

Edison memperoleh hak eksklusif untuk menjual koran di jalan, dan, dengan bantuan 4 orang asistennya, ia ditetapkan dalam jenis dan dicetak Grand Trunk Herald, yang dia menjual dengan surat-surat lain. Ini mulai Edison panjang beruntun usaha-usaha wiraswasta, karena ia menemukan bakatnya sebagai seorang pengusaha. Talenta-talenta ini akhirnya dipimpin dia untuk menemukan 14 perusahaan, termasuk General Electric, yang adalah masih salah satu yang terbesar publik diperdagangkan perusahaan di dunia.

Image : https://yourstory.com

Leave a Reply