Kisah Sukses Sir Edmun Hillary “Tidak Menyepelekan Hal Kecil”

Ketika kita telah memiliki tujuan, segeralah bertindak untuk mencapainya karena sekecil apapun tindakan yang dibuat akan mempengaruhi pencapaian anda. Untuk memperolehnya maka belajarlah untuk menikmati proses dengan tidak menyepelekan hal keci karena justru yang kecil inilah yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, tanamkan pada diri anda untuk tidak menunda kebaikan sekecil apapun. Lakukan apa yang anda mampu lakukan karena semua yang dilakukan sangat berpengaruh pada hidup anda dan yang terpenting jangan pernah putus asa.

Menikmati Sebuah Proses

Setiap manusia didunia ini selalu memiliki jalan yang berbeda-beda, namun orang sukses merupakan orang yang mampu melewati jalan dan tantangan didalamnya  dengan baik. Jangan pernah mengeluh ketika kita menemukan hambatan atau tantangan dalam perjalanannya karena dengan mengeluh membuat diri kita sendirimenjadi lebih mudah tertekan dan putus asa. Orang yang sering mengeluh akan lebih takut dalam memulai hal baru karena khawatir akan resiko yang muncul sehingga akhirnya tindakan yang dilakukan seperti tanpa rencana. Dalam berpikir dan membuat rencana yang matang maka kita memerlukan 3T, yakni:

1. Terarah

Dalam menjalani hidup kita harus memiliki arah dan tujuan yang jelas sehingga hidup kita lebih terarah dan bermanfaat bagi orang lain karena hidup akan terasa indah jika kita memiliki arah yang jelas dalam bertindak.

2. Terukur

Terukur disini memiliki artian yang merujuk terhadap tingkat pengetahuan yang kita miliki. Seberapa tinggi tingkat keilmuan kita tentang agama, pendidikan, dan potensi diri sendiri.Saat kita menyadari bahwa masih sedikit sekali ilmu yang dimiliki maka kita akan semakin termotivasi untuk lebih banyak belajar.

3. Terencana

Ketika akan melakukan sesuatu hendaknya kita selalu memiliki rencana yang mantap dan terukur. Semua itu dilakukan agar kita tidak salah arah dan terjebak dalam kehancuran. Apabila kita telah memiliki rencana dan tujuan yang jelas maka tantangan dan rintangan akan terasa indah.

Selalu Percaya Diri, Mencintai dan Menikmati Pekerjaan, Memperhatikan Hal Kecil

Sering sekali karena keteledoran banyak orang mengalami kegagalan, kesuksesan yang harusnya didepan mata seketika hilang. Hal ini pasti terjadi dengan mereka yang senang mengabaikan hal-hal kecil, padahal ini hal yang sangat penting karena jika tidak diperhatikan secara serius hal kecil akan menjadi batu sandungan besar. Sir Edmund Hillary sering mengatakan bahwa ketika mendaki gunung yang ditakutkan bukan lah hal-heal besar seperti hewan buas, dingin ataupun bahaya alam, namun ia sangat takut kalau kerikil masuk kedalam sepatunya karena kerikil yang terlihat kecil dapat menyebabkan bengkak atau bahkan infeksi pada kakinya. Hal ini pun terbawa hingga dalam kehidupannya sehari-hari, dimana Hillary selalu mencoba untuk belajar mendahulukan hal-hal kecil sebagai prioritas kemudian ke hal yang lebih besar setelahnya karena jangan sampai hal kecil ini malah menggagalkan yang lain.

Sir Edmund Percival “Ed” Hillary KG ONZ KBE (20 Juli 1919 – 11 Januari 2008) adalah seorang pendaki gunung Selandia Baru, penjelajah, dan filantropis. Pada 29 Mei 1953, Hillary dan Nepal Sherpa pendaki gunung Tenzing Norgay menjadi pendaki pertama yang dikonfirmasi telah mencapai puncak Gunung Everest. Mereka adalah bagian dari kesembilan ekspedisi ke Everest, dipimpin oleh John Hunt. Majalah TIME menamai Hillary salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20.

Hillary menjadi tertarik pada gunung sementara di sekolah menengah. Dia membuat memanjat tebing besar pertama pada tahun 1939, mencapai puncak gunung Ollivier. Ia menjabat di Angkatan Udara Royal Selandia Baru sebagai seorang navigator selama Perang Dunia II. Sebelum ekspedisi Everest 1953, Hillary telah menjadi bagian dari ekspedisi Inggris pengintaian gunung di 1951 serta usaha yang gagal untuk mendaki Cho Oyu pada tahun 1952. Sebagai bagian dari ekspedisi Trans-Antartika Commonwealth ia mencapai Kutub Selatan darat pada tahun 1958. Ia kemudian mencapai Kutub Utara, membuat dia orang pertama yang mencapai kutub kedua dan puncak Everest.

Setelah kenaikanNya Everest, Hillary mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk membantu masyarakat Sherpa di Nepal melalui kepercayaan Himalaya, yang didirikannya. Melalui usahanya, banyak sekolah dan rumah sakit dibangun di Nepal.

http://www.hillaryinstitute.com

Leave a Reply