Kisah Sukses Mark Zuckerberg “Mengatur Waktu”

Orang yang dapat mengelola hidup dengan tepat akan secara otomatis mengetahui bagaimana cara mengelola hidup yang benar karena manajemen waktu yang baik adalah dimulai dari menentukan prioritas dan manajemen waktu yang tepat . Kualitas hidup manusia dapat dikatakan tergantung pada baik tidaknya manajemen waktu anda, bukan  karena jumlah energi yang dikonsumsi. Memang dalam membuat jadwal dibutuhkan komitmen yang keras dalam menjalankannya karena terkadang manusia sering merasa terlena dengan momen tertentu yang hanya sesaat namun dapat membatalkan rencana yang telah disusun secara rapih. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa waktu bagaikan kuda liar, namun kita harus bisa belajar mengendalikannya. Kendalikan waktu anda maka kemungkinan besar hidup anda akan sukses, beberapa hal berikut dapat menjadi cara mengatur waktu yang dapat dijadikan acuan:

Memiliki Mentalitas Pengembara atau Perantau

Jalani waktu seolah-olah anda sedang merantau, posisikan diri anda hanya memiliki waktu yang terbatas ditempat lain, namun anda harus pulang membawa kabar gembira. Hidup adalah merantau, meskipun dari lahir sampai mati tak beranjak dari kampung halaman sendiri sebab itu buatlah daftar, jadwal target yang jelas untuk aktivitas anda.

Memiliki SIkap Penyeberang Jalan

Anda harus menyeberang demi melanjutkan perjalanan, kedua mata anda harus jeli melihat situasi di kanan kiri anda. Pendengaran harus siaga dalam menangkap arah suara kendaraan karena ketika terlambat sedikit saja maka kesempatan dapat hilang seketika dari pandangan.

Jangan Pernah Menunda-nunda Pekerjaan

Pekerjaan pagi hari selesaikan di pagi hari, pekerjaan sore selesaikanlah sore hari. Tidak ada pagi dan sore yang sama dalam satu hari. Menunda pekerjaan sama halnya seperti menumpuk beban.

Manfaatkan Kesempatan Sekecil Apa pun Demi Kebaikan

Membagi Tugas yang Panjang Dalam Kegiatan yang Lebih Kecil

Memecah tugas panjang dapat menjadi teknik yang membantu anda dalam memanajemen waktu. Mungkin anda biasanya enggan mengerjakan tugas yang terlihat banyak dan sulit, namun dengan Teknik pembagian ini akan banyak membantu anda dalam mengelola waktu.

Beberapa cara diatas dapat diraih dengan memperbanyak dan membiasakan untuk terlatih terus menerus. Salah satu tokoh yang disiplin dengan waktunya ialah Mark Zuckeberg  seorang programmer dan pengusaha yang bergerak di internet. Berkat kepiawaiannya mengelola waktu, ia masuk dalam nominasi 5 besar orang tersukses didunia. Aktivitas Zuckerberg setiap harinya terjadwal dengan baik. Pada saat kuliah, ketika waktu kosong digunakan oleh teman-temannya untuk tidur atau bermain, Zuckeberg malah mencoba menciptakan sesuatu dari dalam kamarnya dan ketika menginjak umur 20 tahun ia sudah memiliki kekayaan sebesar 4 milliar dollar. Sistem manajemen waktu yang diterapakannya ini merupakan keberhasilan tersendiri. Oleh karena ini apa pun prioritas yang dimiliki, mempelajari cara mengatur hidup dan belajar akan membantu kita semua mencapai tujuan hidup untuk menjadi seseorang yang sukses.

Mark Elliot Zuckerberg (lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984; umur 33 tahun) adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. Hingga 2011, kekayaan pribadinya ditaksir mencapai $17,55 miliar.

Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Ia bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. Zuckerberg dibesarkan sebagai seorang Yahudi dan menjalani bar mitzvah ketika menginjak usia 13 tahun, meski selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis.

Di Ardsley High School, Zuckerberg mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya, tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik (dalam formulir pendaftaran perguruan tingginya, Zuckerberg memasukkan bahasa Perancis, Ibrani, Latin, dan Yunani Kuno dalam kolom bahasa non-Inggris yang bisa ia baca dan tulis) swerta merupakan seorang bintang anggar dan kapten tim anggar Di perguruan tinggi, ia dikenal karena mengutip beberapa kalimat dari puisi-puisi epik seperti Iliad.

Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua di universitas, Zuckerberg bertemu mft, seorang mahasiswa Cina-Amerika asal pinggiran kota Boston (Braintree, Massachusetts), dan mereka terus berkencan, sempat putus sebentar, sejak 2003. Pada September 2010, Zuckerberg mengundang Chan yang sudah menjadi mahasiswi kedokteran di Universitas California, San Francisco, untuk pindah ke rumah sewaannya di Palo Alto. Zuckerberg mempelajari bahasa Tionghoa Mandarin setiap hari sebagai persiapan kunjungan keduanya ke Tiongkok pada bulan Desember 2010. Hingga 2010, Facebook diblokir oleh tembok api Internet negara itu.

Zuckerberg (kanan) bersama Robert Scoble tahun 2008.
Di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme”.
Zuckerberg lebih enak melihat warna biru karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya; biru juga merupakan warna dominan di Facebook.

Pada Mei 2011, dilaporkan bahwa Zuckerberg telah membeli rumah berkamar lima di Palo Alto senilai $7 juta. Pada tanggal 19 Mei 2012, Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan. Upacara dilangsungkan di halaman belakang Zuckerberg. Tamu-tamu khusus diundang dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California, San Francisco.

Pada 1 Desember 2015, ia mengumumkan kelahiran anaknya yang pertama, seorang bayi perempuan yang lahir dengan berat 3,4 kg dan diberi nama Maxima Chan Zuckerberg. Ia juga menulis surat terbuka bagi putrinya, Max. Dalam surat tersebut, ia mengumumkan dirinya bakal membuat yayasan bernama Chan Zuckerberg Initiative.

Image : https://alchetron.com

Leave a Reply