Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Menjaga makanan selama kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Pada saat kehamilan perempuan membutuhkan asupan tambahan nutrisi, vitamin dan mineral. Bahkan ketika memasuki tahap kedua dan ketiga trimester, kalori yang dibutuhkan bertambah 300-500 kalori setiap harinya. Dibawah ini terdapat beberapa contoh makanan bernutrisi yang harusnya dimakan ketika hamil:

 

  • Produk Susu Olahan
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Produk Susu Olahan

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Produk Susu Olahan

 

Produk susu olahan memiliki dua jenis protein, yakni: casein dan whey. Makanan tipe ini merupakan sumber dari kalsium, vitamin B, magnesium, zinc dan kandungan tinggi dari phosphorus. Greek Yogurt merupakan salah satu contoh dari produk olahan susu yang paling tinggi kandungan kalsiumnya diantara produk olahan susu lainnya.  Paling terpenting kandungan probiotik dari makanan ini mencegah terjadinya komplikasi.

 

 

  • Kacang-kacangan
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Kacang kacangan

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Kacang kacangan

 

Kacang-kacangan ini merupakan sumber dari fiber, protein, iron, folate (B9) dan kalsium. Kandungan folate (B9) sangat penting bagi kesehatan ibu dan Janin terutama di masa trimester awal. Banyak kasus dimana Ibu hamil kekurangan kandungan folate yang akhirnya menyebabkan kecacatan pada janin, berat badan bayi yang rendah dan bahkan dapat menyebabkan sang anak gampang terkena infeksi dan penyakit. Kacang-kacangan ini baik dikonsumsi saat trimester pertama ibu hamil.

 

 

  • Ubi
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Ubi

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Ubi

 

Ubi kaya akan beta carotene yang mengandung banyak vitamin A untuk tubuh, bahkan wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin A 10-40% dibanding biasanya. Namun wanita hamil disarankan untuk menghindari vitamin A yang berasal dari hewan karena terkadang dapat menyebabkan racun. Fiber yang dikandung memberi rasa kenyang, menurunkan kandungan gula dalam darah yang berlebih dan menaikan metabolism tubuh.

 

 

  • Salmon
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Salmon

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Salmon

 

Salmon mengandung lemak omega-3 yang membantu perkembangan otak dan dan mata bagi janin. Berdasarkan penelitan, wanita hamil yang mengkonsumsi salmon 2-3 per hari mendapat cukup asupan omega-3 yang melancarkan peredaran darah. Selain itu salmon mengandung vitamin D yang baik bagi sistem imun bayi dan kesehatan tulangnya.

 

 

  • Telur
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Telur

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Telur

 

Telur menjadi salah satu asupan terpenting bagi ibu hamil  yang baik dikonsumsi saat rimester keduakarena mengandung hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu telur besar mengandung 77 kalori, protein, 113 mg choline dan vitamin mineral. Penelitian menunjukan bahwa sebanyak 90% ibu hamil kurang mengkonsumsi choline yang pada akhirnya menyebabkan penurunan fungsi kerja otak pada bayi.

 

 

  • Brokoli dan sayur-sayuran hijau
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Brokoli

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Brokoli

 

Selain mengandung fiber, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, iron, folat dan potassium, sayuran-sayuran ini memiliki antioksidan yang meningkatkan sistem  imun bayi dan Ibu. Sayur-sayuran sangat baik dikonsumsi pada trimester awal Ibu Hamil.

 

 

  • Daging merah
Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Daging merah

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Daging merah

 

Daging merah seperti sapi, kambing dan ayam merupakan sumber protein,iron, choline dan vitamin B yang tinggi. Iron merupakan mineral yang penting untuk digunakan oleh sel darah merah yang menjadi bagian dari hemoglobin, berfungsi untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh. Iron sangat penting karena pada saat hamil volume darah bertambah, kurang iron dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil yang beresiko melahirkan secara prematur dan kurangnya berat badan pada bayi.

Makanan diatas hanya menjadi sedikit contoh dari beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh Ibu hamil, yang terpenting untuk diingat ialah kualitas makanan sang Ibu bukan kuantitas. Makan secukupnya dengan nutrisi yang tepat akan sangat baik untuk janin, dibandingkan makanan yang berlebih namun tidak bernutrisi.

Sumber: Mediskus     (https://mediskus.com/wanita/makanan-bergizi-untuk-ibu-hamil-muda)

Healthline    (http://www.healthline.com/health/foods-to-eat-when-pregnant#8 )

Leave a Reply