Karakteristik Stupid Marketing

Adapun karakteristik stupid marketing yaitu :

1.Curious (Penasaran)

Keingin tahuan yang tinggi menjadi kunci bagi pemasar untuk selalu terus belajar dan tidak cepat merasa puas. Hal ini membantu pemasar untuk selalu terus maju dan belajar dari kesalahan dan kekurangan sebelumnya. Berbeda dari pemasar yang merasa cepat puas dan tahu segalanya, mereka cenderung tidak akan berkembang karena tidak mau belajar kembali dan enggan mendengarkan kritik kekurangan mereka selama ini. Rasa cepat puas ini malah akan membawa kehancuran untuk mereka sendiri dan bahkan perusahaan.

2. Critical (Kritis)

Memiliki keingintahuan  tidak akan cukup tanpa adanya pemikiran yang kritis. Sederhananya kita tidak boleh menerima secara mentah apa yang kita terima tanpa mempertanyakan kembali kebenarannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memunculkan pemikiran kritis ialah dengan:

  • Tidak Mudah Percaya
  • Mencari Data dan Fakta Pembanding
  • Minta Pendapat Orang Lain

3. Creative (Kreatif)

Untuk menjadi kreatif pemasar tidak boleh takut salah, harus berani tampil beda dari hal yang biasa. Kunci dari kreatif sendiri ialah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada. Untuk berkreasi membuat produk baru pemasar harus berani untuk berimajinasi. Hal ini pernah dikatakan oleh George Bernard Shaw filusuf dan ekonom asal Irlandia:

You imagine what you desire, you will what you imagine and at last, you create what you will

Kreasi yang anda buat tidak harus sempurna yang penting pemasar memiliki rasa keingintahuan dan pemikiran yang kritis maka sudah lebih dari cukup.

Agar pemikiran yang kreatif dapat diterapkan untuk marketing performance perusahaan setidaknya ada tiga pendekatan yang harus dilakukan, yakni:

  • Produk
    Buatlah produk yang berbeda dengan yang lain. Jika bergerak di bidang consumer goods maka anda dapat memulai dengan mendesain kemasan yang menarik.
  • Brand
    Jika bergerak dibidang jasa cobalah mencari nama baru untuk produk jasa anda dengan nama yang lebih menjual dan mengena di masyarakat.
  • Konsumen
    Buatlah promo yang menarik dengan biaya yang minimal namun memiliki dampak besar bagi pelanggan.

4. Coorperate (Kerjasama)

Selain tiga karakter diatas, kerjasama dengan pihak lain merupakan kunci kesuksesan. Hal ini dibutuhkan untuk menimalkan risiko. Beberapa model kerjasama yang dapat Anda lakukan ialah dengan :

  • Joint Venture
    Kerjasama ini disarankan hanya dilakukan dengan rekan kerja yang betul-betul cocok dan terpecaya karena, sifat kepemilikan disini ialah milik bersama. Pastikan selain terpercaya, rekan anda memiliki kelemahan dan kekurangan yang bisa mengisi Anda.
  • Agency / Distributorship
    Jenis kerjasama ini lebih cocok jika Anda telah memiliki produk barang dan jasa dengan kualitas dan sistem yang telah teruji. Sifat kepemilikan tidak sepenuhnya milik rekan Anda karena masih ada bantuan modal dan teknis operasional yang diberikan. Tujuan kerjasama disini lebih kearah penetrasi pasar terhadap lokasi geografis yang belum dikenal.
  • Franchise
    Sifat kepemilikan kerjasama jenis ini 100% milik rekan yang membeli usaha anda. Keberhasilan dan kegagalan ditanggung oleh rekan anda sendiri. Anda hanya berperan untuk memberikan bantuan pelatihan SDM dan sistem operasional. Selebihnya mengenai permodalan dan infrastruktur adalah tanggung jawab franchise

5. Credible

Menjadi orang yang dapat diandalkan dan dipercaya setiap saat  merupakan kunci sukses setiap penjual dan perusahaan. Sebagai stupid marketer kredibilitas dapat tercipta dengan cara berikut:

  • Berintegritas
    Integritas merupakan langkah awal untuk membangun kredibilitas. Jadilah pribadi yang bisa menjalankan apa yang telah anda janjikakan, baik kepada konsumen, rekan kerja dan karyawan sendiri.
  • Profesional
    Menjadi profesional berarti anda mengerti apa yang harus dilakukan untuk membuat bisnis anda berkembang.
  • Transparan
    Komunikasi yang dilakukan harus jelas tanpa ada maksud lain. Jangan sampai membuat orang berekspektasi terlalu tinggi karena apa yang anda janjikan dan malah membuat reputasi Anda jatuh dengan karena adanya over promise dan under deliver.

image : yoga-ps.com

Leave a Reply