Persiapan Pelapak Online Untuk Jualan Online

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk bergabung menjadi penjual di BukaLapak karena kemudahannya dalam membuka lapak online. Selain itu keuntungan dalam BukaLapak ialah penjual dapat merangkap menjadi pembeli. Namun perlu diingat untuk menjadi pelapak online, kita harus mempersiapkan beberapa hal secara serius, seperti:

1. PONSEL PINTAR

Saat ini ponsel dan internet bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau. Koneksi Internet disini berfungsi untuk membantu kita berkomunikasi secara mudah melalui email maupun pesan instan (BBM, Whatsapp, Line dll). Komunikasi ini akan membantu kita berinteraksi dengan calon pelanggan.

2. TABLET PC

Fungsi dari gadget ini bisa dikatakan hampir menyerupai komputer, perbedaanya hanya terletak pada ukuran dan desain yang praktis dan efisien. Kapasitas penyimpanan data dalam tablet dapat dikatakan lebih besar dibandingkan dengan ponsel.

3. KOMPUTER

Selayaknya perusahaan, bisnis online harusnya dikelola dan ditangani secara serius. Dengan adanya komputer, penjual dapat membuat laporan keuangan , stok barang, data pelanggan hingga buku-buku elektronik pendukung. Komputer sangat membantu para pebisnis online dalam mengelola data-data penting. Namun jangan lupa untuk melakukan back up data di flash disk atau cloud computing seperti dropbox atau google drive.

4. KONEKSI INTERNET

Hampir semua gadget termasuk ponsel dan tablet telah dilengkapi dengan koneksi internet dari SIM Card Seluler. Sementara komputer perlu didukung dengan Wi-Fi, modem atau Mobile Wi-Fi.  Jika ragu, konsultasikan dengan beberapa gerai internet mengenai perangkat mana yang paling pas untuk kebutuhan kita.

5. PERLENGKAPAN PENDUKUNG LAINNYA

Selain memiliki gadget dalam berjualan online, ada beberapa tambahan lain yang penjual tidak boleh lupa

  • Flash Disk
    Alat penyimpan data sangat dibuthkan untuk memback up data yang kita miliki. Jika ingin murah kita bisa menggunakan flashdisk, dengan berbagai ukuran dan harga yang terjangkau.
  • Memori Eksternal
    Ketika data yang disimpan semakin besar dan flash disk sudah tidak cukup menampung, maka kita dapat menggunakan penyimpanan data yang lebih besar, yakni memori eksternal (hard disk)
  • Software Antivirus
    Pelapak harus berhati-hati dengan ancaman virus komputer yang dapat merusak dan mengambil data penting dari computer. Data-data yang diambil sering di manfaatkan oleh criminal cyber untuk berbagai macam hal. Ancaman virus dapat masuk dengan mudahnya melalui email, Wi-FI, website dan juga media sosial. Selalu sediakan software antivirus dan jangan lupa untuk sering-sering meng-update antivirus.

Dengan perangkat-perangkat ini, pelapak sudah bisa menjalankan bisnis secara serius. Tidak harus memiliki semuanya sekaligus yang penting disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa setelah perangkat fisik telah siap, pelapak juga harus melengkapi diri dengan kemampuan soft skill lain.

Kemampuan soft skill ini dapat berkembang seiring dengan waktu dan pengalaman. Keberadaan komunitas dalam BukaLapak dapat membantu pelapak untuk berdiskusi dan saling berbagi pengalaman. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari BukaLapak, dimana pelapak diajak untuk saling mendukung satu sama lain bukannya saling menjegal dan menjatuhkan. Komunitas para pelapak BukaLapak juga memiliki blog yang berisi aneka acara, tips dan trik berjualan bagi pelapak online.

Image : Bukalapak.com

Leave a Reply