Langkah Mudah Menjadi Pelapak Online

Dari laman www.bukalapak.com pelapak dapat mengetahui semudah apa menjadi penjual online. Dari laman tersebut siapapun bisa mendapatkan informasi secara lengkap. Agar tampilan BukaLapak lebih optimal, ada baiknya situs dibuka menggunakan komputer atau laptop. Bagi yang belum pernah mengunjungi website, pendaftaran dapat dilakukan dengan sangat praktis. Cukup dengan memilih panel daftar kita telah dapat mendaftar melalui akun facebook maupun gmail.
Ada 6 langkah mudah untuk menjadi pelapak :

1. MENDAFTAR

Untuk mendaftar BukaLapak, tersedia dua pilihan yakni dengan menggunakan akun google atau akun facebook. Hanya dengan mendaftar melalui dua media sosial ini, kita secara otomatis telah tergabung dalam anggota BukaLapak. Langkah selanjutnya pelapak hanya perlu melengkapi biodata.
Untuk berjualan, penjual sebaiknya melengkapi data seperti nama barang, kategori, detail barang dan spesifikasi produk di MyLapak. Buat nama barang semenarik mungkin disertai spesifikasi barang secara detail (misalkan: merek(spasi)seri(spasi)tahun).

2. BERJUALAN PRODUK

Untuk memulai berjualan, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengunggah foto produk. Ukuran foto harus disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan BukaLapak, jika terlalu kecil maka foto tidak akan muncul.
Penjual diberi kesempatan mengunggah lima buah foto untuk satu buah produk. Sebaiknya manfaatkan fasilitas ini semaksimal mungkin untuk memotret produk dari berbagai arah sehingga pembeli bisa mendapat gambaran yang jelas tentang produk.

Setelahnya penjual cukup memantau transaksi dari laman “Transaksi”.  Dalam formulir penjualan memuat keterangan pilihan harga yang dimana kita dapat menentukan sejak awal apakah harga produk merupakan harga tetap atau masih bisa ditawar. Jika kita melayani jenis transaksi nego maka kita dapat memantau siapa saja pembeli yang telah mengajukan tawaran dan penjual memiliki kebebasan untuk menolak dan menerima.

3. TERJUAL

Penjual dapat mengelola dan memantau transaksi secara langsung pada halaman “Transaksi”, dimana setiap transaksi memiliki lima status, yakni: menunggu, dibayar, dikirim, diterima dan selesai.
Penjual akan menerima email dan notifikasi setiap terjadi perubahan status transaksi, sehingga penjual tidak perlu bolak balik mengecek halaman transaksi atau bertanya kepada admin BukaLapak.

4. PACKING DAN PENGIRIMAN

Dalam packing dan pengiriman ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penjual, yakni:

  • Catat dengan teliti jenis dan tipe barang yang dipesan, jangan sampai salah dan tertukar.
  • Kemasan barang dapat menunjukan kualitas kita sebagai penjual maka dari itu jangan sampai mengemas barang secara serampangan. Apalagi jika barang yang dipesan tergolong mudah rusak akibat guncangan (misal: barang pecah belah, elektronik dan makanan).
  • Pengemasan barang sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar menarik dilihat. Selalu usahakan untuk menggunakan kertas atau kardus bersih walaupun bukan yang baru.
  • Periksa berulang kali alamat pemesanan sebelum dikirim agar sesuai dengan apa yang tertera di laman transaksi.
  • Gunakan jasa kurir yang dinginkan pembeli agar mereka tidak kecewa dan memudahkan pembeli sangat mengecek status pengiriman.
  • Setelah barang dikirim jangan lupa untuk konfirmasi di halaman transaksi BukaLapak
  • Lengkapi nomer resi dan nama jasa pengiriman pada pop up konfirmasi pengiriman barang

5. PENCAIRAN HASIL PENJUALAN

Setelah penjual memberi konfirmasi pengiriman barang maka secara otomatis pihak BukaLapak akan mengirim dana ke saldo “Buka Dompet Pelapak”. Jika lewat dua hari dari pengiriman belum ada konfirmasi dari pembeli maka transaksi akan dianggap selesai dan pelapak akan menerima uang dan feedback negatif.
Feedback disini merupakan fitur dimana pembeli dapat memberi testimoni atas layanan yang diterimanya. Semakin baik layanan yang diberikan maka semakin besar kemungkinan penjual mendapat testimoni positif dari pembeli. Hal ini akan meningkatkan reputasi penjual sehingga pembeli lain percaya membeli produk pelapak.

6. MENAIKAN REPUTASI

Pasar Online BukaLapak memiliki fitur emblem yang memperlihatkan reputasi para pelapak, ini didapatkan pelapak dengan mengumpulkan feedback positif dari pembeli. Semakin tinggi embelem makin baik pula reputasi pelapak di mata pembeli.

Image : bukalapak.com

Leave a Reply