Komunikasi Adalah Jantung E-commerce Dalam Pasar Online

E-Commerce merupakan salah satu jenis perdagangan dalam online market yang menghadirkan berbagai informasi produk atau jasa yang disediakan oleh pihak ketiga untuk membantu jalannya transaksi antara perdagangan dan pembeli. Perlu diingat bahwa peran pihak ketiga disini bukan berfungsi sebagai calo atau makelar, mereka tidak menaikan harga atau meminta komisi. Disini fungsi mereka hanya menjadi penyedia fasilitas yang mempermudah terjadinya traksaksi dengan cara membuat produk pelapak terpampang di pasar online

Perdagangan online (e-commerce) pertama kali dilakukan di tahun 1994. Ketika itu spanduk elektronik dimanfaatkan untuk ajang promosi dalam situs. Transaksi elektronik awalnya berjalan dengan sederhana dimulai dari seorang pengguna internet yang mengirim dokumen berisi pesanan pembelian melalui email dan dibalas dengan pengiriman produk pesanan dan pembayaran. Transaksi ini kemudian berkembang ke ranah situs atau web yang dilengkapi denga server, protokol server khusus berserta enkripsi. Amazon dan eBay merupakan perusahaan awal yang berhasil dalam pasar online. Kehadiran kedua perusahaan ini menginspirasi pasar online dunia.

Pada dasarnya ada tiga jenis e-commerce yang popular di Indonesia:

1. IKLAN BARIS

E-commerce jenis ini terbilang sederhana dan menyerupai iklan baris di surat kabar, perbedaanya hanya terletak pada penempatannya di situs online. Penyedia kolom ini tidak terlibat dengan transaksi antara penjual dan pembeli. Pihak ketiga hanya memberi tempat bagi penjual online, tidak terlibat dalam transaksi jual beli antar pembeli dan penjual.

2. RETAIL ONLINE

Retail disini memiliki pengertian yang sama dengan retail di dunia nyata, dimana pemiliki situs merangkap penjual. Transaksi di retail online relatif lebih aman dibanding dengan iklan baris karena sistem dan peraturan yang ada telah disepakati bersama oleh pedagang dan pembeli. Jenis barang yang dijual pun terbatas sesuai dengan kesepakatan retail ( misalkan: khusus produk fashion, produk otomotif atau produk elektronik saja)

3. MARKET PLACE ONLINE

Penyebutan Market Place Online saat ini disederhanakan menjadi pasar online. Jenis e-commerce ini memiliki produk yang lebih beragam dibanding retail. Penyedia fasilitas disini hanya menjadi pemilik situs namun tidak menjadi pedagang atau penjual. Mereka hanya memfasilitasi pedagang dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan sistem yang telah disepakati bersama. Penyedia pasar online berusaha melengkapi sistemnya dengan keamanan yang baik agar pembeli tetap percaya untuk melakukan transaksi, salah satunya dengan sistem rekening bersama yang meminimalkan kasus penipuan.

Photo by blog.paymill.com

Leave a Reply