Jualan Online Itu Mudah Dan Murah

Menjadi pelapak di dunia online tidak serumit pelapak offline, namun masih banyak masyarakat yang enggan menjadi pelapak karena beberapa alasan, yakni:

1. Online Hanya Untuk Korporat Besar

Sering kali hal ini menjadi alasan karena banyaknya istilah asing (misalnya: e- commerce, e-payment, online banking, mobile banking) yang digunakan dalam bisnis online. Sehingga sering kali membuat para pedagang UKM kecil hati, bagi mereka istilah asing seperti ini dikuasai oleh korporat atau perusahaan asing. Faktanya siapa saja dapat berjualan di internet tanpa mengenal siapa pemodal, seberapa besar skala usaha, jenis produk dan lokasi.

2. Online Itu Sulit

Ketika mendengar kata online banyak yang berpikir bahwa hal ini berhubungan dengan sesuatu yang bersifat teknis, berhubungan dengan komputer dan teknologi canggih. Di sisi lain banyak yang merasa bahwa dalam menjalankan lapak online, dibutuhkan keahlian khusus. Tidak sedikit yang berpikir bahwa mereka harus mengikuti kursus atau kuliah online terlebih dahulu. Padahal untuk menjalankan lapak online tidak dibutuhkan kemampuan teknis secara khusus. Hanya butuh koneksi internet maka pelapak sudah dapat bergabung dengan komunitasonline.

3. Online Itu Mahal

Sering kali pasar Online dianggap hanya dapat dimiliki oleh perusahaan besar. Sehingga tidak sedikit yang merasa bahwa biaya yang dibutuhkan untuk berjualan online tidak sedikit,  karena berpikir bahwa mereka harus membeli gadget canggih, berlangganan internet dan membayar teknisi. Padahal berjualan online hanya membutuhkan handphone, tablet PC atau bahkan laptop yang sudah ada. Biaya Internet pun saat ini memiliki banyak paket dengan harga yang murah.

4. Rawan Penipuan

Banyaknya kisah penipuan didunia maya sering membuat orang khawatir untuk terjun dalam bisnis online. Faktanya penipuan di dunia maya memang ada, namun hal ini terjadi karena adanya kelalaian dari penjual atau pembeli yang tidak jeli.  Padahal ada serangkaian aturan pasar online yang telah ditetapkan untuk menjaga pembeli dan penjual dari penipuan. Penyedia pasar seperti bukalapak.com berusaha agar tidak ada penipuan dalam pelayanan yang disediakan.

Image : kaskus.com

Leave a Reply