Fitur-Fitur Yang Memudahkan Di Situs BukaLapak

Untuk memperlancar aktivitas jual beli, BukaLapak menyediakan beberapa fitur pendukung yang sebagian besar dapat dinikmati secara gratis namun ada pula beberapa yang berbayar. Walaupun begitu fitur berbayar memiliki harga relatif terjangkau yang dapat menunjang peningkatan penjualan. Berikut merupakan fitur-fitur di BukaLapak:

1. Fitur Buka Dompet

Fitur ini wajib diikuti oleh penjual dan pembeli. Bagi penjual “Buka Dompet” berguna sebagai rekening untuk menerima pembayaran sedangkan bagi pembeli fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran. Sesuai namanya “Buka Dompet” merupakan dompet virtual (e-wallet) yang dimiliki pengguna BukaLapak. Dalam fitur ini tersimpan semua dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian (refund) transaksi. Dompet virtual ini berfungsi sama seperti dompet sesungguhnya namun lebih praktis dan efisien. Fitur ini memilki fungsi untuk: Mempercepat proses pengembalian dana (refund); Mempercepat transfer dana ke penjual (remit); Memberikan alternatif metode pembayaran yang lebih mudah dan cepat.Fitur “Buka Dompet” dapat dijumpai di daftar menu utama yang berisi catatan aktivitas transaksi. Pengguna dapat melihat catatan transaksi melalui “Buka Dompet” dan melakukan pencairan dana di halaman “Buka Dompet. Pencairan dana dapat dapat mudah dilakukan dengan cara menekan pilihan “cairkan” serta memberi informasi mengenai rekening yang dituju beserta password akun BukaLapak setelahnya.

2. Fitur Diskon

Fitur ini sangat membantu para pelapak yang ingin barang dagangannya laku dalam waktu cepat. Pembeli akan lebih tertarik membelanjakan uangnya untuk barang diskon. Namun tidak semua pelapak dapat menikmati fitur ini, ada beberapa syarat bagi pelapak untuk menggunakan fitur ini, yakni:

  • Fitur Diskon hanya berlaku bagi pelapak yang memiliki reputasi feedback dan tolak pesanan satu feedback positif
  • Satu barang hanya boleh diajukan satu kali pengajuan selama satu minggu.
  • Pelapak tidak bisa mengubah harga barang ketika pengajuan harga diskon telah disetujui atau barang telah dalam keadaan diskon

Untuk mengaktifkan diskon, pengguna harus melakukan beberapa langkah berikut:

  • Buka halaman My Lapak- Barang Dijual
  • Pilih barang yang akan didiskon kemudian klik set diskon
  • Pelapak dapat mengajukan diskon untuk beberapa barang dengan cara mencentang beberapa barang lalu pilih set diskon

Pelapak hanya bisa mendagangkan barang diskon dalam rentang waktu 2-7 hari. Selama status diskon masih menunggu persetujuan, penjual masih bisa mengubah jumlah persenan diskon dengan cara menekan tombol edit diskon. BukaLapak akan mengirim notifikasi email ke penjual 12 jam sebelum diskon aktif.

3. Fitur Push

Sesuai namanya “Push” yang berarti mendorong, BukaLapak akan melakukan push terhadap produk tertentu agar terpajang dijajaran terdepan laman. Fitur ini disediakan agar pelapak dapat mempromosikan barangnya di posisi pertama halaman daftar barang. Transaksi push hanya dapat dilakukan melalui “buka dompet”, dimana didalam “buka dompet” akan ada pilihan untuk push. Pelapak harus mengeluarkan Rp. 500, 00 untuk satu kali push. Sekilas terlihat murah, namun bayangkan berapa banyak barang yang dimiliki penjual untuk di push. Oleh karena itu BukaLapak menyediakan paket yang akan memperingan pelapak:

  • PAKET 100 ( Jumlah 100 push =Rp. 25.000,00)
  • PAKET 250 ( Jumlah 250 push = Rp. 50.000,00)
  • PAKET 500 (Jumlah 500 push = Rp. 80.0000,00)

Menariknya fitur push tidak memiliki tenggat waktu, sisa push dapat diakumulasikan dengan pembelian push yang baru. BukaLapak juga menyediakan filter daftar barang yang terakhir kali di push.

4. Fitur Tolak Pesanan

Ada kondisi tertentu dimana penjual tidak selalu dapat melayani pesanan (sakit, stok habis atau ada keperluan pribadi). Dengan keadaan seperti ini, dikeluarkanlah fitur tolak pesanan yang berada di laman transaksi. Saat penjual membatalkan transaksi maka pada saat itu pula penjual harus mengisi alasan dari pembatalan.Penjual dapat melakukan tolak pesanan maksimal tiga hari setelah pembayaran, lewat dari itu penjual dianggap mampu melayani pesanan. Ketika lewat tiga hari dan barang tidak dikirim maka penjual akan menerima rekomendasi negatif dan pesanan otomatis dibatalkan. Adanya fitur ini akan mencegah pembeli dikecewakan akibat pesanananya ditolak.

5. Fitur Quick Buy

Dengan adanya fitur Quick Buy, pembeli dapat berbelanja tanpa harus mendaftar sebagai pengguna di BukaLapak. Pembeli cukup memasukan nomor aktif dan detail alamat pengiriman. Email disini berfungsi untuk mengirim tagihan pembayaran dan untuk menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Penjual dapat mengidentifikasi transaksi dengan cara melihat nomor telepon dan email pembeli yang tertera di detail transaksi.Fitur ini diharap mampu mendongkrak angka penjualan, dalam hal ini belanja jadi lebih mudah tidak harus repot mendaftar terlebih dulu.

6. Fitur Retur

Fitur retur disediakan sebagai sistem pengembalian barang, namun tentu dengan syarat bahwa kesalahan terdapat pada pihak penjual yang mengirimkan barang tidak sesuai dengan deskripsi. Dalam pelaksanaanya sistem retur hanya dapat dilakukan jika transaksi menurut general tracking alias pelacakan umum oleh bukalapak.com masih dalam status aktif. Retur dapat dilakukan pula apabila pembeli belum memberi konfirmasi bahwa telah transaksi telah selesai.Fitur retur ini disediakan tim produk BukaLapak demi memfasilitasi penjual dan pembeli yang bertransaksi diBukaLapak. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengoperasikan fitur retur:

  • Ketika barang telah diterima, pembeli diharapkan segera melakukan konfirmasi termasuk memberi feedback di sistem yang telah disediakan oleh BukaLapak. Pada kesempatan yang sama, pembeli diperkenankan mengajukan retur jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan.

7. Fitur Jual Banyak Barang Sekaligus

Fitur ini memudahkan penjual untuk menjual barang dengan jumlah banyak sekaligus dengan spesifikasi yang berbeda.

8. Fitur BL Widget

Promosi merupakan salah satu strategi dalam berdagang, dimana dalam dunia nyata promosi berbentuk brosur, stiker ataupun iklan di media massa. Dalam dunia online promosi berbentuk spanduk digital yang berisi informasi mengenai toko online. Dalam BukaLapak spanduk digital ini dikenal dengan BL Widget. Dimana didalamnya berisi informasi profil penjual, reputasi transaksi dan barang-barang yang ditawarkan. BL Widget hanya menampilkan 12 barang yang dijual. Penjual dapat memilih barang mana saja yang mau ditampilkan atau bisa juga menampilkan secara acak. Penjual dapat melihat hasil widget  dengan memilih tombol preview. Untuk menyebarkan spanduk digital, penjual dapat menyalin dan memasang kode di website, blog atau forum.

9. Fitur Searching dan  Sorting Transaksi

Catatan keuangan dan daftar keluar masuk barang merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pedagang. Pengelolaan transaksi yang baik membuat bisnis berjalan semakin baik sehingga layanan ke pelanggan akan semakin baik pula. Dengan kebutuhan ini maka BukaLapak menyediakan fitur yang dapat memudahkan pelapak mengelola transaksi dengan fitur searching and sorting transaksi. Sesuai namanya, fitur ini membantu kita melakukan pencarian dan menyusun  data transaksi secara terstruktur. Penjual dapat mencari transaksi dengan mudah menggunakan nomor transaksi, nomor handphone serta nama penerima barang. Kita juga dapat mengelompokan transaksi menurut status (menunggu, dibayar, dikirim, diterima, selesai, dikembalikan atau status lainnya).

10. Fitur Cetak Alamat Pengiriman

Ketika lapak online ramai akan pembeli, pelapak biasanya kerepotan dalam melayani pemesanan terutama masalah alamat pembeli. Dapat dibayangkan bagaimana repotnya bagi penjual untuk menulis satu persatu alamat, belum lagi jika terjadi kesalahan penulisan alamat. Dengan kondisi ini maka BukaLapak kemudian memunculkan fitur “Cetak Alamat Pengiriman”, dengan penggunaan yang mudah, yakni:

  • Penjual hanya perlu memilih transaksi yang alamat pengirimannya akan dicetak dengan cara memilih cetak transaksi.
  • Selesai dicetak, penjual menggunting satu persatu alamat pengiriman dan ditempelkan pada paket yang  akan dikirimkan.

11. Fitur Catatan Pelapak

Fitur ini memungkinkan penjual untuk menjelaskan detail barang secara lebih rinci dengan catatan lain yang perlu disampaikan ke pembeli. Namun perlu diingat bahwa catatan tambahan ini tetap di bawah rambu-rambu aturan penggunaan BukaLapak, jika melanggar catatan akan secara otomatis terhapus dari BukuLapak.

12. Fitur Koreksi Biaya Kirim

Fitur koreksi biaya kirim memungkinkan penjual untuk dapat melaporkan biaya kirim yang tidak sesuai di BukaLapak. Setiap pengajuan koreksi atau tambahan biaya kirim akan selalu di moderasi terlebih dahulu. Jasa pengiriman seperti JNE, RPX dan Wahana  mendukung sistem BukaLapak ini.Pengecekan persetujuan biaya kirim dapat dilihat di halaman histori biaya kirim. Setiap biaya kirim yang disetujui tidak mengubah biaya kirim transaksi yang sebelumnya atau sedang terjadi. Sebagai bonus, penjual akan mendapat satu push untuk setiap 10 pengajuan koreksi biaya kirim yang disetujui.

13. Fitur Invitation

Fitu ini memungkinkan pelapak untuk meingirim undangan dengan memasukan alamat email teman yang ingin diajak bergabung menjadi pelapak di halaman profile User. Secara otomatis teman tersebut akan diundang melalui email oleh BukaLapak. Pelapak akan mendapat bonus 20 push setiap ada teman yang berhasil menjual barang pertamanya dan jika ada transaksi yang terjadi maka pelapak akan diberi bonus 30.

14. Fitur Sharing Otomatis di Lini Masa Media Sosial

BukaLapak memberikan fitur sharing otomatis di lini masa media sosial. Hal ini bertujuan agar pelapak mudah melakukan promosi produk di twitter ataupun facebook karena, secara otomatis promosi akan terposting di setiap kita memilih tombol “berbagi” di menu.Untuk mengaktifkan fitur sharing, penjual yang memiliki akun aktif facebook atau twitter tinggal masuk ke bagian pengaturan – sharing dan setelahnya memilih pilihan connect with.

Empat belas fitur yang telah dibahas berfungsi untuk memudahkan penjual dalam berbisnis di BukaLapak. Bila terdapat masalah teknis penjual dapat menghubungi admin BukaLapak di formulir kontak yang tersedia.

Image : voucherbelanjaku.com

Leave a Reply