Aturan Berjualan Online Di Situs BukaLapak

Dalam situs BukaLapak terdapat menu “Aturan Pengguna” yang kerap kali luput dari pengguna. Aturan disini tidak bermaksud untuk memberatkan namun lebih untuk membantu agar prosedur yang ada dapat berjalan dengan baik sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Berikut merupakan ringkasan dari aturan pengguna:

1. INFORMASI UMUM

Bagian ini menjelaskan mengenai peran BukaLapak sebagai perantara yang memberi fasilitas antara penjual dan pembeli. Demi menjaga keamanan transaksi, BukaLapak menggunakan mekanisme BL Payment System. Segala biaya ekstra (pajak dan biaya tambahan lain) yang terjadi dalam transaksi tidak menjadi tanggung jawab pihak BukaLapak, melainkan dari pihak-pihak bersangkutan.

2. JUAL BARANG

Bagian ini memaparkan mengenai etika berjualan online di BukaLapak yang salah satunya bagiannya membahas mengenai tanggung jawab pelapak terkait informasi yang diunggah. Pelapak bertanggung jawab atas hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, hak paten yang telah ditetapkan atas suatu produk menurut hukum yang berlaku di Indonesia.

3. BARANG TERLARANG

Aturan main ini wajib diketahui oleh pelapak. Selayaknya pasar offline BukaLapak berhak menetapkan jenis barang apa saja yang diperbolehkan untuk dijual, mengacu pada hukum di Indonesia mengenai jenis barang yang layak diperdagangkan. Barang berbentuk narkotika, senjata api (kelengkapan, replika, airsoft gun, airgun dan peluru) masuk dalam kategori barang yang tidak boleh dijual.

4. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

5. PENGGUNA

Bagian ini menjelaskan larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna, salah satunya ialah larangan untuk mencantumkan data pribadi (nomor telepon, ID media sosial, alamat email) milik pengguna ataupun miliki penjual. Hal ini bertujuan agar privasi penjual dan pelanggan sama-sama terjaga dan meminimalisir adanya kasus penipuan. Terpenting pengguna dilarang mengunggah konten berbau SARA yang menyudutkan pihak lain.

6. TRANSAKSI

Bagian ini menjelaskan mengenai cara bertransaksi dimana pelapak dan pembeli harus mempelajari dan mengikuti sistem pembayaran yang berlaku. Selain itu pelapak dan pembeli harus mengerti bahwa ada batas waktu untuk proses transaksi.

7. SANKSI

Dalam aturan pengguna bagian sanksi, dijelaskan mengenai sanksi apa yang dapat dijatuhkan oleh BukaLapak kepada pengguna yang melanggar aturan.  Hal ini bisa berbentuk feedback negatif kepada penjual, pembekuan akun atau jika sudah diluar batas BukaLapak dapat melapor kepada pihak berwajib.

8. KEBIJAKAN PRIVASI

Pada bagian ini dijelaskan mengenai masalah privasi antara penjual dan pembeli dengan tujuan untuk meminimalisir adanya tindak penipuan.

Image : iniblog.com

Leave a Reply