Kisah Hendra W. Anggara - Owner Jaya Adaptor

Kisah Hendra W. Anggara – Owner Jaya Adaptor

Nama Usaha : Jaya Adaptor
Produk : Aksesori Gadget
Omzet : 30 juta/ bulan
Strategi Bisnis : Jujur dalam berdagang, buat display produk semenarik mungkin dan fokus menangani keluhan pelanggan.

Awalnya Hendra Wisnu Anggara menjadi pembeli iseng-iseng di Bukalapak yang setelahnya terjun menjadi pelapak. Dimulai tahun 2013, saat ini lapak Hendra telah berhasil meraup total omzet 70 juta, dari angka itu 30 jutanya berhasil didapatkan dari toko online Bukalapak, sisanya berhasil didapat dari toko offline. Pertama kali, Hendra hanya menjual charger handphone, baru di tahun 2014 ia merambah ke beragam aksesori gadget online karena pada saat itu belum banyak orang yang berjualan aksesori gadget online.

Selayaknya penjual muda yang lain Hendra pernah mengalami masa suram saat berjualan, awalnya dalam satu hari paling banyak hanya ada satu pesanan dan feedback hanya berhenti di 14 orang. Di masa itu Hendra mengakui belum banyak yang bermain di Bukalapak, yang ramai pun hanya di produk aksesori sepeda. Namun dari sini, Hendra mulai mengevaluasi kekurangannya, ia mulai berpikir bahwa produk charger memang hanya ada satu jenis, tapi tetap bisa dipakai untuk banyak gadget. Dengan trik ini, Hendra mulai mendapatkan feedback hingga 100 dalam tiga bulan. Menurut Hendra, mengelola toko online tidak jauh berbeda dengan toko offline, harus ditekuni secara serius, sabar melayani pelanggan, melakukan promosi dan tentu memperluas jaringan pertemanan. Intinya semua harus dilakukan dengan kesabaran dan selalu memikmati prosesnya.

Dengan semakin banyak kompetitor maka Hendra berusaha agar tampilannya berbeda dengan yang lain, salah satunya dengan cara menggugah foto produk yang di potret sendiri, bukan mengambil dari google. Dari sisi harga, Hendra tidak terlalu bisa banyak memainkan untuk dapat profit besar.

Bermula dari membuka toko online, Hendra dan rekannya membuka toko offline di bilangan Maguwoharjo, Yogyakarta. Keberadaan toko offline ini awalnya sekedar untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka benar-benar penjual sungguhan. Sempat ada pelanggan dari Kalimantan sengaja meminta adiknya yang berkuliah di Yogyakarta untuk mendatangi toko milik Hendra sebagai pembuktian. Setelah yakin toko ini ada, maka pembeli dari Kalimantan baru mau berbelanja.

Menjalankan toko offline sekaligus online bukan perkara mudah, keduanya butuh ketekunan dan kesabaran. Dalam melayani pelanggan, Hendra tidak mau terlalu memantau feedback yang masuk, namun ia lebih berfokus dalam menjawab komplain pelanggan, setiap komplain sebisa mungkin dilayani dengan baik demi menjaga reputasi. Berkat ketekunan dan kesabaran, kini pendapatan toko online dan toko offline Hendra nyaris seimbang. Bahkan karena popularitas di toko online, pembeli toko offline pun meningkat dan mendatangkan income yang lebih besar. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dalam bertransaksi. Di toko online, konsumen tidak melihat fisik produk, komunikasi hanya mengandalkan sms atau whatsapp. Sementara di toko offline, pembeli dan penjual langsung bertatap muka sehingga lebih mudah meyakinkan pembeli.

Dalam berjualan Hendra selalu bersikap jujur karena menurutnya kejujuran itu penting, sebab sekali seorang pedagang berbohong apalagi menipu namanya akan rusak dan membuat orang kapok menjadi pelanggan. Hendra memberi tips untuk memperbanyak postingan foto dan membuatnya menjadi semenarik mungkin. Namun bukan berarti foto yang diambil merupakan karya orang lain yang dicomot sembarangan dari internet. Usahakan memotret sendiri produk kita dan mempostingnya sebagus mungkin. Jangan sampai mereka kecewa karena barang yang dipesan tidak sebagus fotonya. Terakhir jika mendapat komplain dari pelanggan, sebisa mungkin meminta maaf atau mengganti barang itu agar pelanggan tidak lari atau bahkan menghancurkan nama lapak.

Kedepannya Hendra ingin semakin membesarkan jualannya, lebih ingin memperbanyak barang dan varian warna. Walaupun saat ini stok barang Hendra terbilang cukup lengkap, namun Hendra berupaya untuk melengkapi semua jenis dan merek agar pelanggan selalu mendapatkan apa yang diinginkan.

 

Images: olx.co.id

Leave a Reply