Kisah Nopan Dirgantara - Owner Joker

Kisah Nopan Dirgantara – Owner Joker

Nama Usaha : Joker
Produk : Aksesori Gadget
Omzet : 80 juta/ bulan
Strategi Bisnis : Tidak ngotot dengan target, mengikuti tren pasar dan banyak belajar dari komunitas.

Diawali dari 20 item, lapak Joker kini telah memiliki stok ribuan dengan omzet 80 juta per bulan. Tren penggunaan aksesori gadget tidak dapat disepelekan. Dari lapak ini, Nopan Dirgantara dapat meraup keuntungan yang bahkan lebih besar daripada berjualan ponsel. Tadinya usaha ini merupakan usaha sampingan istri agar bisa bekerja dari rumah. Ternyata keuntungan ini lebih besar dari penjualan ponsel yang saat itu sedang mereka kerjakan, sehingga mereka beralih dari penjualan ponsel ke aksesori. Dengan membludaknya pembeli online, istri Nopan merasa kewalahan sehingga Nopan terpaksa ikut turun tangan, saat ini ia aktif mengelola lapak dan istri fokus ke pengelolaan uang.

Dapat dikatakan, kiprahnya di jual beli online terjadi karena ketidaksengajaan, ketika dulu Nopan membantu temannya mencari Blackberry Gemini secara online, ia menemukan harga ponsel yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran di toko offline, sehingga ia merasa toko online cocok untuk dijadikan sampingan. Awalnya toko online belum menjadi pekerjaan utamanya karena Nopan masih bekerja sebagai karyawan bagian teknis suatu perusahaan. Selayaknya para pebisnis online lain, Nopan rajin melakukan browsing untuk mengecek Search Engine Organization (SEO) mengenai situs-situs berjualan. Dia menemukan bahwa banyak pencarian barang yang berakhir ke Bukalapak, ini mengindikasikan bahwa situs Bukalapak tergolong bagus.

Sejak awal berjualan online, Nopan sudah memiliki target, walau masih dibilang usaha kecil-kecilan pada saat itu , target pun tidak terlalu ngotot seperti sekarang. Sukses dengan toko online, tidak membuat Nopan berminat untuk membuka toko offline karena akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk mengelola. Kepiawaian Nopan dalam berjualan merupakan hasil dari kerja keras, kesabaran dan ketekunannya mengamati tren pasar. Nopan juga rajin dalam menimba ilmu ke sesama pelapak di Komunitas Bukalapak. Kedepannya Nopan memiliki keinginan kuat untuk menjadi importir langsung produk jualannya, sehingga tidak perlu lagi mengambil dari importir.

 

Images: BukaLapak.com

Leave a Reply