Kisah Aria Formi Susanti – Owner Griyaneka

Kisah Aria Formi Susanti – Owner Griyaneka

Nama Usaha : Griyaneka
Produk : Aneka Fashion
Omzet : 12 juta rupiah / bulan
Strategi Bisnis : Merespons pelanggan dengan cepat, memberi harga kompetitif dan membangun hubunngan baik.

Bagi Aria Formi Susanti, sebagai Ibu Rumah Tangga kita bisa berjualan online sembari melakukan kegiatan lain seperti mengajar ngaji atau kursus. Dengan waktu luangnya sebagai ibu rumah tangga, Santi jadi lebih memilih waktu luang untuk mengajar ngaji dan berjualan online. Hal ini dimulai dari kegemaran Santi yang sejak lama senang berkecimpung dalam internet, sehingga merembet jualan pada akhirnya.

Dalam berjualan Santi memilih sistem dropshipper dengan alasan lebih aman, praktis dan tidak terlalu mengganggu kegiatan lainnya. Dropshipper memiliki sistem dimana penjual tidak menyimpan stok namun sekedar menerima pesanan dan bayaran pihak lainlah yang mengirimkannya. Kelemahan dalam sistem ini ialah penjual tidak bisa melihat langsung barang dagangannya karena mereka tidak menyimpan stok. Sehingga sedikit menyulitkan ketika ada pembeli yang bertanya lebih detail.

Dengan banyaknya kompetitor dibidang fashion, Santi menyiasati dengan berusaha menjalin hubungan dengan para pelanggan, ia berusaha memberi info sedetail mungkin tentang barang dan merespons serta mengirim secepatnya. Bagi Santi tantangan dalam mengelola lapak online ada di saat pengiriman barang, walaupun kesalahan mungkin terjadi pada jasa ekspedisi, tetap saja penjual yang disalahkan oleh pelanggan ketika ada barang yang rusak karena kesalahan ekspedisi. Masalah lain yang sering terjadi adalah barang yang tertukar ketika kewalahan melayani transaksi yang ramai.

Hasil penjualan yang didapatnya saat ini tidak membuat Santi cepat puas, kedepannya ia masih ingin menjual dengan produk desain dan stok sendiri sehingga tidak perlu menggunakan dropshipper seperti sekarang. Santi telah memiliki bayangan untuk memiliki brand fashion sendiri, dan surveinya akan dilakukan ke sejumlah produsen di Bandung. Dia ingin memberi sentuhan khusus pada produk-produk jualannya sehingga memiliki ciri khas. Sampai saat ini Santi tidak berminat untuk membuka toko offline, mengingat dirinya terbantu dengan format online yang praktis, efektif, hemat waktu dan tenaga.

 

Images: BukaLapak.com

Leave a Reply