Mudah Ditemukan

Strategi Marketing Online Agar Mudah Ditemukan Konsumen

Pemilik toko online mungkin tidak perlu memikirkan lokasi, sebab tokonya tidak berwujud ecara fisik. Namun ia tetap harus memastikan tokonya mudah ditemukan di Internet. Adanya search engine menjadi andalan bagi pengguna internet dalam menemukan apa yang ingin diingankan, sehingga para pebisnis online berlomba-lomba agar situs onlinenya menempati urutan teratas dalam hasil pencarian search engine, yang akhirnya dikenal dengan Search Engine optimization (SEO).

Banyak Konslutan yang menawarkan jasa SEO, namun perlu dipahami bahwa teknik SEO ada dua: SEO Organik dan SEO Rekayasa.

Dalam SEO Organik,didefiniskan sebagai proses alami yang memungkinkan suatu situs online dalma menempati peringkat atas didaftar hasil pencarian. Hasil dari SEO Organik membutuhkan waktu lama dan tidak bisa instan. Sedangkan SEO Rekayasa, mengandalkan segala cara dalam membuat situs online berada dalam peringkat atas. Cara ini termasuk cara yang melanggar etika, bahkan termasuk penipuan. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan teks tersembunyi yang mengandung keyword. Sering kali penulisan konten dipaksakan agar mengandung keyword tertentu sehingga hasilnya mengeceakan para pencari informasi. SEO rekayasa, menjanjikan hasil kenaikan peringkat terjadi secara instan dan jaminan berlebih.

Ada beberapa stratego yang bisa dijalankan dengan mudah oleh pebisnis online agar mudah ditemukan, mengingat tidak semua penyedia jasa menggunakan SEO Organik:

1. Online Marketplace dengan SEO Bagus

Cara paling sederhana dalam melihat apakah online marketplace memiliki SEO yang baik adalah dengan langsung melakukan pencarian di Google. Online Marketplac yang muncul di tiga halaman pertama hasil pencarian dapat digolongkan sebagai online marketplace dengan SEO bagus. Selain itu bisa juga dilihat melalui Alexa Rank, dimana situs ini merupakan sistem audit untuk mengetahui tingginya trafik dan angka kunjungan ke suatu blog atau itus. Makin kecil angka Alexa Rank suatu situs, makin tinggi peringktanya, yang berarti makin tinggi trafik dan kunjungannya.

Sebetulnya bagus tidaknya SEO suatu online marketplace tergantung pada jumlah informasi yang dimiliki. Bukalapak.com saat ini menampung lebih dari satu juta produk aktif dan 3-5 juta produk tidak aktif yang semuanya tersimpan dalam database google. Otomotas ketika ada yang mencari suatu produk di google maka bukalapak.com akan muncul di laman-laman awal hasil pencaharian.

2. Postingan yang mudah dicari

Ada beberapa trik agar postingan dapat mudah dicari yakni dengan cara: Membuat Judul yang to the point, Hindari Huruf Kapital, Display Produk yang Jelas dan Unggah foto disertai Judul.

Kunci dari SEO ini ialah menjadi aktif, dalam artian aktif dalam dunia maya, rajinlah mempublikasikan, menulis artikel, mempromosikan barang dagangan, menggugah foto, aktif dalam merespon pesan yang masuk. Aktiflah untuk membuat nama kita dalam lapak online dikenal, baik oleh pelanggan, calon pelanggan dan terutama oleh mesin pencari google.

 

Images: pensar-te-hace-mierda.tumblr.com

Leave a Reply