10 Strategi Marketing Online

Pilih Market Place Yang Oke Untuk Marketing Online

Online Marketplace merupakan situs e-commerce yang memfasilitasi ruang, system, dan fitur berjualan online. Secara sederhana Online Marketplace merupakan bentuk virtual dari suatu pasar, tempar para penjual beraneka produksi bisa membuka toko dan menjual dagangan mereka, dengan transakasi yang diatur oleh penyedia situs.

Bergabung dalam online marketplace memberi banyak kemudahan, karena penjual tidak harus membuat blog atau website terlebih dahulu, karena kebanyakan online marketplace sudah menyediakan lapak online, dimana penjual hanya tinggal mengisi nama lapak, spesifikasi serta foto barang yang akan dijual. Sehingga penjual tidak perlu lagi membayar desainer website, server ataupun administrator untuk pengoperasion toko online yang dimiliki. Untuk sistem pembayarannya pun sudah ditetapkan, sehingga penjual hanya perlu mengikuti prosedur yang ada.

Dalam menemukan Online Marketplace yang tepat, ada 3 kriteria ideal yang harus dilihat terlebih dahulu.

1. BISA DIPERCAYA

Selalu lakukan riset secara online mengenai online marketplace yang dapat dipercaya dana aman.

2. MUDAH DIOPERASIKAN

Cari Online Marketplace yang memberikan desain yang menarik tapi sederhana didalamnya, karena simple dan mudah dioperasikan menjadi kunci favorit bagi pembeli dan penjual online. Kemudahan berbelanja bagi Yushowady merupakan syarat utama agar pelanggan tetap betah.

3. MENYEDIAKAN FASILITAS YANG BAIK

Online marketplace yang baik bisa dilihat dari fasilitas yang baik pula bagi anggota. Terutama dalam system pembayaran yang aman, seperti Rekening Bersama (RekBer), pendataan stok, dan beragamnya fitur pendukung merupakan beberapa fasilitas yang dapat membantu kelancaran transaksi.

Online Marketplace memungkinkan seorang pelapak online pemula yang berangkat dari nol,untuk memulai usahanya. Selama memenuhi tiga kriteria diatas maka sebuah online marketplace dapat menjadi wadah yang mudah dan mudah untuk dioperasikan bagi para pelanggan yang menjalankan bisnisnya.
8 Online marketplace yang keamananya dijamin karena memberlakukan sistem rekening bersama, yang diambil dari Alexa (http://www.alexa.com/topsites/category ):

NO NAMA PERINGKAT ALEXA JUMLAH PRODUK
1 BUKALAPAK 5 1.5 juta
2 TOKOPEDIA 39 2 juta
3 ELEVANIA 72 2 juta
4 Qoo10 153 Tidak Disebut
5 RAKUTEN 163 1 juta
6 LAMINDO INDONESIA 233 1.5 juta
7 BLANJA 322
8 CIPIKA STORE 1415 Tidak Disebut

Jadi menurut kesimpulan diatas Online Marketplace merupakan situs e-commerce yang memfasilitasi ruang, system, dan fitur berjualan online. Kita dapat memungkinkan seorang pelapak online pemula yang berangkat dari nol,untuk memulai usahanya. Selama memenuhi tiga kriteria diatas maka sebuah online marketplace dapat menjadi wadah yang mudah dan mudah untuk dioperasikan bagi para pelanggan yang menjalankan bisnisnya. Selanjutnya kita akan meneruskan Strategi Marketing selanjutnya.

 

Images: Webinternational.net

Leave a Reply