Cara Terbaik Memangkas Pohon

Memangkas pohon bisa menjadi konsep yang sulit bagi banyak orang. Tetapi memangkas pohon yang benar sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan buah. Ketika mulai memangkas, terlihat akan sedikit membingungkan karena ada campuran antara seni dan pengetahuan. Ketika ayah saya membeli pohon pertamanya, dia mencoba memangkasnya sendiri. Idenya adalah pemangkasan dilakukan supaya pohon lebih terlihat bagus. Dia akan meluangkan waktu untuk memangkas pohon menjadi bentuk yang bagus dan membuang setiap cabang yang mati atau hampir mati. Dia akan melakukannya sebulan sekali. Yang dilakukan ayah saya itu adalah contoh yang salah.

Pemangkasan pohon bukan hanya sekedar untuk mempercantik saja. Bagian yang terpenting adalah untuk proses pertumbuhan pohon. Setelah dipangkas, pohon tersebut akan berbuah lebih banyak atau tidak.

Kapan waktu yang tepat memangkas pohon?

Setiap memangkas cabang yang mati dilakukan sepanjang tahun lebih mirip disebut dengan pembersihan. Pemangkasan pohon dirancang khusus untuk mempermudah pohon tumbuh dan berbuah. Waktu utama untuk memangkas pohon adalah di akhir musim dingin, pada akhir siklus aktif pohon atau di awal musim semi. Karena pada waktu itu, sudah tidak ada daun dan buah, jadi anda akan lebih mudah mencari cabang yang telah mati. Waktu lain yang baik adalah ketika musim panas. Tetapi waktu ini hanya berlaku untuk pohon yang telah berumur tua.

Pemangkasan Pohon Muda

Pohon muda sangat perlu untuk dipangkas. Pada dasarnya anda mengubah phon kecil menjadi seperti awalnya. Anda akan menyimpan setiap cabang kecil horizontal dan menyingkirkan setiap cabang yang tumbuh vertikal dibawah 90 derajat. Tentu saja setiap cabang yang rusak atau berpenyakit harus dibuang. Jangan lupa untuk membuang inangnya. Karena nutrisi pohon anda akan diserap oleh inang ini yang membuat pertumbuhan pohon anda menajadi tidak maksimal.

Tunas dan Cabang

Pemangkasan tunas harus tepat dimana tunas dan pohon terhubung. Anda tidak ingin meninggalkan bekas luka akibat dari pemangkasan. Anda ingin memangkas tunas jika cabang terlalu lebat atau terlalu berat oleh buah. Ingat, setiap tunas akan menjadi sebuah cabang kecil. Cara lama memangkas cabang yaitu dengan melakukan penyiraman dengan batang pohon. Masalahnya bekas luka ini memungkinkan organisme lain untuk masuk dan menginfeksi pohon.

Setelah anda sering melakukan pemangkasan. Maka kehalian akan datang dengan sendirinya.

Leave a Reply