Biarkan Sinar Matahari Masuk ke Dalam Ruangan

KOMPAS.com – Jangan takut terkena sinar matahari pagi, malah Anda perlu membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan karena membawa banyak manfaat positif.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern Medicine dan Universitas Illinois menemukan bahwa terkena cahaya matahari, bahkan lewat jendela, berdampak baik bagi tubuh. Selain membuat durasi tidur yang lebih panjang di malam hari, kualitas dan aktivitas fisik juga meningkat.

“Semakin banyak bukti bahwa terkena cahaya matahari, apalagi ketika pagi hari, membawa dampak baik bagi kesehatan. Efek tersebut berpengaruh kepada mood, kewaspadaan, dan metabolisme tubuh,” kata ahli saraf dan gangguan tidur, Phyllis Zee, M.D, yang melakukan penelitian terkait.

Dr. Zee dan tim menguji 49 pekerja kantoran, di mana 27 orang bekerja di tempat yang tidak ada jendela dan 22 lainnya ada jendela.

Adanya jendela di ruang kerja meningkatkan paparan sinar matahari hingga 173 persen di siang hari dan efeknya adalah waktu tidur 46 menit lebih lama di malam hari.

Mereka juga menemukan bahwa karyawan yang terkena cahaya matahari lebih aktif secara fisik daripada yang tidak. Tingkat kualitas hidup dan tidur pun meningkat.

“Cahaya adalah agen penyelaras yang paling penting untuk otak dan tubuh kita,” ungkap Ivy Cheung, asisten peneliti Dr. Zee. “Adaptasi biologis (tubuh) kita terhadap perputaran bumi sehari-hari terbukti penting untuk kesehatan,” paparnya.

Tidak bisa dipungkiri cahaya matahari adalah sumber penting penghasil vitamin D. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga menyebutkan cahaya matahari penting untuk bayi yang masih menyusu, walaupun di dalam ASI sudah terkandung vitamin D yang berlimpah. (Kevin Sanly Putera)