Amerika Latin Tertarik Membeli Pesawat Rusia

SANTIAGO, KOMPAS.com — Negara-negara Amerika Latin dikabarkan tertarik membeli pesawat buatan Rusia. Salah satu pesawat yang mereka minati adalah pesawat latih/serbu ringan Yakovlev Yak-130 Mitten.

Demikian diungkapkan Vladimir Sautov, Wakil Presiden Bidang Pemasaran Produsen Pesawat Asal Rusia, Irkut, di sela-sela pameran dirgantara FIDAE-2012 di Santiago, Cile, Kamis (29/3/2012), waktu setempat.

“Kami telah melakukan negosiasi dengan para panglima angkatan udara dari Argentina, Bolivia, Paraguay, dan Uruguay,” ujar Sautov. Menurut dia, para pejabat militer tersebut bahkan tertarik dengan versi Yak-130 berkursi tunggal.

Saat ini Yak-130 baru diproduksi dengan versi kursi tandem. Versi kursi tunggal baru akan diproduksi jika sudah ada pesanan pasti dalam jumlah besar.

Irkut mulai mengekspor pesawat ini sejak 2011 dengan beberapa negara pemesan, seperti Aljazair, Vietnam, dan Suriah. Kapasitas pasar internasional untuk pesawat ini diperkirakan mencapai 250 unit pesawat.

Angkatan bersenjata Rusia sendiri telah menandatangani kontrak pemesanan 55 unit Yak-130 pada Desember 2011 dan akan mulai dikirim pada 2015.

Sebagai pesawat latih tingkat lanjut terbaru dalam jajaran peralatan militer Rusia, Yak-130 dikabarkan bisa menyimulasikan berbagai karakteristik pesawat-pesawat tempur generasi 4,5 dan bahkan pesawat tempur generasi kelima Rusia, seperti Sukhoi T-50 PAK FA.