REKLAMASI MENGANCAM TANAH JAWA

Belakangan terakhir ini teman mulai lagi gempar berita lingkungan tentang proyek-proyek yang dilakukan oleh beberapa PT yang mengakibatkan banjir dan pengurangan garis pantai di kota-kota besar. Katakanlah seperti di Jakarta dan Surabaya, proyek pembangunan mall dan perumahan di area pinggir pantai ternyata mengakibatkan perusakan lingkungan daerah pantai.

Kerugian yang ditimbulkan cukup banyak, dampak yang terlihat sekarang ini adalah memicu timbulnya banjir yang semakin parah.

Seharusnya pemerintah daerah tidak memberikan ijin untuk melakukan Reklamasi pantai, tetapi di lapangan justru hal lain yang terjadi. Pengurukan pantai menjadi area property atau niaga menyebabkan pengurangan tanah di pesisir pantai pulau Jawa.

Akibatnya bila reklamasi tanah tidak segera diperbaiki dikawatirkan akan menyebabkan rapuhnya pesisir pantai jawa yang berakibatnya munculnya kerusakan struktur pinggir pantai yang menjadi penyebab banjir parah selama ini, dan juga pengurukan tersebut juga menyebabkan ekosistim pinggir pantai menjadi rusak, yang juga berdampak bagi para nelayan dalam mencari nafkah.

Kota-kota besar bisa terendam akibat reklamasi besar-besaran tersebut. Lalu apa yang bisa kita lakukan saat ini? Teman kita tidak bisa bertindak sendiri, perlu juga adanya kerja sama untuk memperjuangkan area pesisir pantai yang sudah semakin rusak. Demo dan orasi sudah bukan jalan kita untuk menuntut tetapi dengan saling bahu membahu meperbaikinya adalah solusi terbaik saat ini.

Setidaknya kita sudah berusaha menggugah hati para petinggi supaya ramalan tentang bencana di penghujung 2012 tidak benar-benar terjadi. Jangan lupa salurkan aspirasi kalian di WarungCurhat ya, buktikan kepedulian kalian kepada ekosistim di Indonesia. Good Luck!

Leave a Reply