APA SAJA YANG DIBUTUHKAN BAGI IBU HAMIL??

Menjelang kehamilan pertama tentunya para ibu mengalami beberapa keluhan yang menyiksa bahkan ada salah satu teman yang mengalami gangguan saat mengalami kehamilan, berikut warungcurhat bagikan tips yang juga bisa dilihat di link berikut ini.

Pada umumnya wanita hamil mengalami mual di pagi hari. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pda minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon. Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari namun memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada 80 – 85% kehamilan selama triwulan pertama, dengan gejala muntah yang mengganggu sebesar 52%.

Seorang wanita hamil harus diinformasikan bahwa mual dan muntah selama kehamilan akan membaik dengan sendirinya pada kehamilan 16 – 20 minggu, karena itu terapi obat-obatan pada triwulan pertama tidak dianjurkan kecuali keluhan bertambah parah. Apabila wanita tersebut meminta atau dipertimbangkan untuk mendapatkan terapi maka pengobatan yang dapat diberikan untuk mengurangi gejala adalah :

* Pengobatan tradisional : jahe, P6 acupressure
* Obat-obatan : antihistamin (antialergi), vitamin B6 cukup efektif namun hati-hati terhadap efek samping, vitamin B12 efektif mengurangi mual dan muntah namun belum diteliti keamanannya

Informasi lanjutan bisa klik:
http://www.klikdokter.com/medisaz/read/2010/07/05/135/keluhan-keluhan-selama-kehamilan

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya:)

Leave a Reply