PELANGGAN SETIA

Pelanggan setia adalah konsumen yang fanatic terhadap suatu produk yang kita ciptakan. Pembeli akan terus mencari-cari alasan untuk membeli produk yang kita tawarkan dan mereka akan merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Untuk menciptakan pelanggan setia seperti ini tidak hanya dibutuhkan suatu produk yang berguna saja, tetapi kita juga harus menggunakan system promosi yang baik.

Selain dengan memberikan sejumlah diskon kita juga bisa menggunakan situs atau fans club bagi produk kita sendiri. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Sour Sally dan Mango, saat ini terdapat sejumlah merk frozen yogurt di Indonesia tetapi Fro-yo produk Sour Sally dan Mango yang saat ini paling digemari oleh masyarakat.

Mengapa demkian? Karena selain menggunakan tampilan fro-yo yang cantik mereka juga menerapkan system member, dimana user atau konsumen akan mendapatkan diskon bila mereka menjadi member produk tersebut. Secara tidak langsung konsumen akan menjadi pelanggan setia produk tersebut.

Selain menjadi pelanggan seorang pelanggan setia pasti akan mempromosikan produk tersebut pada teman-teman mereka. Selain menerapkan sistem member kini banyak perusahaan yang membuat situs fans club mereka di jejaring dunia maya atau internet., selain berselancar di dunia maya pelanggan setia produk juga bisa mengakses berita atau produk-produk terbaru mereka.

Demikian pula seperti yang dilakukan oleh Starbuck, mereka terbukti juga pintar membina pelanggan fanatik mereka. Meskipun perekonimian melambat tetapi terbukti produk mereka tetap dicari oleh pelanggannya.

Tips kecil yang ingin kita berikan adalah, lakukanlah survei agar perusahan kita tetap bisa bersaing di pasaran saat ini. Survei pelanggan dapat kita gunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi masalah dalam beredarnya produk kita di pasaran, dan survei jga membantu kita untuk mengetahui seberapa besar masyarakat menyukai produk kita.

Dengan melakukan survei kita juga bisa mengetahui produk apa yang menjadi unggulan rival kita yang digemari oleh masyarakat. Survei bisa kita lakukan dengan mengisi kuisioner, atau juga bisa melalui email para member kita.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas produk pejualan kita, hanya saja yang perlu kita sadari adalah perusahaan besar pasti sudah lebih dulu menjamin pelanggan mereka jadi yang bisa kita lakukan adalah mencari inovasi baru untuk bisa memberi service terbaik pada pelanggan kita.

Leave a Reply