KEBIASAAN ANAK MENGHISAP JEMPOL

Harian Surya : Kebiasaan anak menghisap jempol atau menggigit kuku dianggap sesuatu yang lumrah bila anak masih berusia bayi, namun hal ini mulai mengganggu ketika kebiasaan tersebut masih anak kita lakukan saat ia sudah beranjak besar. Reaksi dari orang tua biasanya akan menepis tangan anak atau dengan menakut-nakuti anak tersebut.

Ternyata teman dibalik kebiasaan tersebut yang harus diwaspadai adalah adanya rasa gelisah pada anak saat ia mulai melakukan kegiatan tersebut. Orang tua sebaiknya mengamati kpan si anak melakukan kegiatan tersebut, karena bisa jadi juga anak kita melakukannya karena merasa tertekan.

Dan yang harus diperhatikan adalah apa yang membuat anak kita gelisah? Solusinya adalah dengan mengingatkan anak kita bahwa perbuatan itu termasuk tidak sopan. Sama seperti bila ia membersihkan gigi di depan orang atau mengupil. Bisa juga dengan mengalihkan perhatian anak kita saat ia mulai melakukan kegiatan menggigit kuku tersebut. Selidiki juga apa yang membuat anak menjadi gelisah dan tenangkan anak bahwa hal tersebut tidaklah menakutkan. Selamat mencoba.

Leave a Reply