SISI JAHAT DAN SISI BAIK

Yang mebedakan manusia bukan pada agama atau kepercayaannya tetapi yang membedakan manusia adalah orang jahat yang melakukan perbuatan jahat serta orang baik yang melakukan hal yang baik- “My Name is Khan”

Jaman sekarang ini banyak sekali perdebatan masalah agama dan kepercayaan, siapa yang lebih baik dari siapa, tetapi lewat film ini kita diajak untuk melihat manusia dari sudut pandang lain. Yaitu dari sisi perbuatan kita.

Kisah ini banyak terjadi di sekitar kita, contohnya ada salah satu teman kita yang dari luar terlihat baik dan manis, ia suka menyapa teman-teman satu kampus dengan ramah. Tetapi dibalik semua itu, ia sering sekali diam-diam bertemu dengan dosen lawan jenis yang sudah berkeluarga dan melakukan hubungan gelap.

Dari sudut pandang kita hal tersebut pastilah tidak bisa kita anggap sebagai kebaikan. Karena orang tersebut melakukan kebaikan hanya untuk menutupi kejahatan yang dilakukannya. Contoh lain yang di share kan oleh teman kita adalah masalah atasannya sendiri.

Teman kita ini mempunyai atasan di kantor yang sangat baik dan perhatian kepada anak buahnya. Setiap ada anak buah yang sakit ia selalu memberikan perhatian lebih. Atau jika ada costumer yang kesusahan ia turut membantu.

Tetapi dibalik topeng kebaikannya ia suka diam-diam merebut costumer potensial dari rekan kerja yang lainnnya. Sehingga apapun kebaikan yang ia lakukan ia tidak disukai oleh semua orang di kantor dan tentu saja kebaikan sebanyak apapun tak akan dihargai jika ia tetap berlaku jahat.

Teman tinggal kita saat ini ingin memilih menjadi manusia yang seperti apa, manusia dengan perbuatan jahat atau perbuatan baik kita. Berhenti memperdebatkan perbedaan agama dan lainnya, mulailah melihat manusia dari sisi dalam dirinya.

Leave a Reply