Stop Rokok Pasca-operasi

KOMPAS.com — Bila Anda seorang perokok yang akan menjalani operasi patah tulang, mulailah untuk berhenti merokok sekarang juga. Penelitian menunjukkan, pasien operasi yang berhenti merokok akan lebih cepat sembuh dibanding yang terus merokok.

Selain itu, pasien yang berhenti merokok juga lebih sedikit terkena komplikasi pasca-operasi. “Program berhenti merokok selama enam minggu setelah operasi patah tulang efektif menurunkan risiko komplikasi hingga separuhnya,” kata Dr Hans Nasell, konsultan bedah dari Karolinka Institute, Stockholm.

Karena itu, ia menyarankan agar dokter dan perawat membantu para pasien operasi untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Berbagai studi juga telah menyebutkan manfaat positif dari berhenti merokok bagi pasien operasi.

“Program berhenti merokok bisa menjadi bagian dari persiapan pra-operasi untuk mengurangi risiko selama dan setelah operasi,” kata Nasell. Namun, untuk operasi yang sifatnya darurat, seperti operasi patah tulang, tentu tidak bisa dilakukan program berhenti merokok sebelumnya.

Kendati begitu, berhenti merokok pasca-operasi pun punya dampak yang besar seperti halnya sebelum operasi.