MENJAGA KUALITAS MANUSIA

Teman-teman, belakangan ini banyak terjadi aneka peristiwa dan kejahatan yang merugikan berbagai pihak. Peristiwa penyerangan Israel bisa menjadi suatu tanda betapa saat ini moral bangsa manusia sudah tidak lagi berdasarkan hati nurani.

Kualitas seorang manusia sekarang sudah hampir terbeli oleh materi duniawi. Segala sifat manusia buruk manusia tentu saja tidak bisa kita lihat berdasarkan apa kepercayaan yang dianut. Sebenarnya yang mesti kita sadari saat ini adalah apapun agama dan kepercayaan kita, atau seberapa pun taatnya kita saat menjalankan ibadah agama tidak bisa menjadi patokan kebaikan seorang manusia.

Batas seberapa baiknya seorang manusia sekarang ini bisa kita ukur dengan seberapa pedulinya pribadi orang tersebut dalam menghadapi materi dunia. Kualitas manusia sekarang ini tidak lagi bisa terlihat secara langsung, karena semakin banyak manusia yang pintar berpura-pura.

Contohnya saja saat akan melakukan pemilihan anggota DPR, semua calon-calon wakil rakyat tentunya akan berlomba-lomba mengkampanyekan visi dan misi mereka. Rakyat kecil akan dijunjung dan disanjung-sanjung, tetapi ketika mereka sudah terpilih menjadi anggota dewan tentu sudah bisa kita tebak apakah mereka benar-benar akan mensejahterahkan rakyat?

Kepalsuan menjadi satu coretan besar akan kualitas manusia kita pada jaman sekarang ini. Beragam hal yang terjadi sudah menjadi contoh bukti nyata betapa agama tidak bisa menjadi perdebatan dan patokan untuk membentuk seorang manusia. Yang dibutuhkan adalah kesadaran dari tiap individu untuk menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu teman-teman, ayo kita mulai berhenti untuk saling menjatuhkan tiap-tiap agama, daripada kita capek-capek menjelek-jelekan agama lain, bukankah akan jauh lebih indah bila kita bisa saling membahu dan percayalah bahwa semua agama itu baik, yang menjadikannya tidak baik adalah tiap-tiap individu yang menjalankannya:)

Leave a Reply