Lawan 5B Penyakit Tua dengan 7B

JAKARTA, KOMPAS.com — Senior Advisor Kalbe Farma dr Boenjamin Setiawan menyampaikan bahwa terdapat lima penyakit umum (5B) yang menyerang orang lanjut usia (lansia). Penyakit 5B tersebut adalah budek atau kurang mendengar, blaur atau penglihatan berkurang, beser atau sering buang air kecil, bingung atau lupaan, dan terakhir adalah "berangkat" atau meninggal dunia.

"Budek, blaur melihatnya kurang jelas karena katarak, beser terutama pada bapak-bapak lantaran prostatnya. Keempat adalah bingung, alzhaimer, lupa, dan yang kelima, bablas, berangkat untuk seterusnya, enggak kembali lagi," ujar dr Boen dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Kalbe Farma, di Senayan, Jakarta, Minggu (13/6/2010).

Kelima penyakit lansia tersebut, lanjut dr Boen, dapat dilawan dengan 7B. Pertama, banyak makan buah, sayur, dan ikan. "Buah itu bagus sekali, yang segar, dan ikan, banyak omeganya," katanya.

Kedua, banyak berolahraga. Frekuensi berolahraga, kata dr Boen, berhubungan dengan ukuran perut. Semakin besar ukuran lingkar perut, kelangsungan hidup makin pendek. "Ibu sama bapak makin lama perutnya makin besar. Perut makin besar, makin pendek hidupnya," katanya.

Ketiga, jangan berhenti bekerja agar otot tidak cepat mengecil dan melatih otak. Keempat, tetap belajar seperti yang dicontohkan dr Boen. "Saya tiap hari pakai internet. Internet itu luar biasa manfaatnya, bayarnya murah," kata dr. Boen

Kelima, harus cukup beristirahat, keenam harus tetap bergembira agar tidak stres, dan ketujuh harus banyak maunya. "Tetap banyak maunya, penting, karena menandakan semangat hidup," imbuh dr.Boen

Ia juga mengatakan pentingnya lansia untuk tetap bekerja. Lansia yang ingin bekerja dapat mendaftar ke komunitas masing-masing. "Nanti kita pikirkan bagaimana caranya agar bisa tetap bermanfaat bagi bangsa," katanya.

Adapun yang tergolong lansia adalah orang berusia 60 tahun ke atas. Hari Lanjut Usia Nasional dicanangkan tahun 1996 oleh Presiden RI saat itu, Soeharto, demi meningkatkan kesejahteraan para lansia.