KOPI LUWAK INDONESIA

Satu lagi kebanggaan yang dimiliki oleh bangsa kita Indonesia, setelah batik dan aneka kesenian lain. Di Indonesia sendiri juga terdapat salah satu kopi termahal di dunia fersi majalah Forbes. Ya, benar kopi Luwak.

Membayangkan asal mula kopi luwak mungkin kita sendiri akan merasa jijik untuk mengkonsumsinya. Tetapi sekali kita tahu akan cita rasa yang kopi ini miliki dijamin kita pasti akan terus tergoda untuk menjadi pecinta kopi yang satu ini.

Kopi yang di Indonesia sendiri dijual 100 ribu per cangkir nya berasal dari biji kopi terbaik yang dipilih oleh binatang Luwak. Kopi pilihan alam ini lah yang membuat cita rasa dan harga kopi ini menjadi sangat tinggi.

Di luar negeri seperti di Amerika harga satu cangkir kopi luwak mencapai US$ 50, wow! Mahal sekali kan? hmm… bayangkan saja berapa harga 1 kotak kopi luwak yang dijual di pasaran, bisa sampai US$ 160 per pound. Para penggemar kopi tentu harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk bisa menikmati kopi luwak ini.

Tetapi kopi luwak sendiri juga mengundang kontroversi karena bahan dasar kopi yang dipakai berasal dari kotoran hewan luwak. Tetapi tentu saja cita rasa kopi ini sendiri sudah tidak diragukan lagi. Di pasaran Indonesia sendiri juga sempat beredar beberapa produk kopi luwak palsu, bagi mereka yang tidak mengenali cita rasa asli kopi luwak sudah pasti akan tertipu dengan kopi luwak yang palsu.

Kopi luwak tidak hanya memberikan kepuasan untuk lidah kita, tetapi beberapa penggemar kopi luwak mengatakan bahwa kopi luwak benar-benar memiliki ciri khas rasa yang istimewa. Wah, bagaimana dengan teman-teman? Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply