MEMBUAT PRIORITAS

Jika teman-teman merasa beban pekerjaan semakin berat dan melelahkan, maka sudah saatnya kalian melakukan evaluasi tentang segala kegiatan harian kita. Biasanya hal tersebut terjadi karena kita sendiri yang kurang membuat suatu prioritas.

Segala kegiatan sehari-hari kita seolah-olah menjadi tanggung jawab kita sepenuhnya. Misalnya dalam urusan kantor, pekerjaan yang seharusnya bukan menjadi tanggung jawab kita ternyata kita kerjakan juga.

Saran dari kita, coba buat suatu catatan apa yang sudah kita lakukan dalam waktu sehari penuh. Setelah terlihat segala kegiatan yang kita lakukan, mulailah memilah kegiatan mana yang harus diutamakan dan mana yang masih bisa ditunda.

Misalnya ketika atasan kita menyuruh kita untuk melakukan pekerjaan remeh yang masih bisa kita tunda, maka tuntaskanlah dahulu pekerjaan penting kita yang utama, setelah itu baru lakukan hal kecil yang remeh.

Jika kita selalu lupa untuk melakukan kegiatan lain, maka bawalah notes atau catatan kecil kemana-mana. Dengan membawa notes dapat mengurangi tingkat keteledoran kita saat bekerja.

Bisa juga dipergunakan untuk mencatat hal penting sehari-hari kita. Letakkan saja daftar terpenting tersebut pada urutan paling atas. Misalnya dalam urusan belanja, jika kita tidak mencatat tujuan belanja kita sudah pasti kita akan melupakannya dan malah membeli barang lain yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Lakukanlah kegiatan mencatat ini dengan rutin maka hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang berguna bagi kita. Ingatlah untuk selalu membuat prioritas;)

Leave a Reply