ETIKA

Di jaman yang sudah semakin canggih saat ini, bukan berarti membuat kita melupakan sesuatu yang kita sebut sebagai etika atau sopan santun. Etika perlu kita jaga karena kita masih hidup di bumi timur Indonesia yang masih menjujung tinggi nilai moral tentang sopan santun dan tata krama.

Sopan santun atau tata krama penting untuk kita terapkan khususnya saat berbicara atau bertemu dengan orang yang lebih tua. Sesuai dengan aturan budaya orang timur, orang yang lebih tua umurnya dari kita sudah pasti harus kita hormati.

Walau kemajuan teknologi sudah semakin canggih, kita tidak bisa memperlakuakan orang yang lebih tua seperti kita memperlakukan teman sebaya kita. Beberapa hal simple yang bisa kita lakukan adalah dengan menghargai semua orang, tidak peduli dengan perbedaan usia atau bertolak kepribadian dengan kita, kita tetap perlu untuk menghargai orang tersebut.

Kita wajib untuk menyapa lebih dahulu kepada orang yang lebih tua dari kita. Saat melihat orang yang lebih tua tengah melakukan kesibukan, maka menjadi tugas kita untuk ikut membantu menyelesaikannya. Contohnya ketika kita melihat ibu kita mencuci maka sebaiknya kita mengambil alih tugas tersebut selama memungkinkan.

Berlakulah jujur, jangan gunakan kebohongan di saat kita sedang melakukan komunikasi dengan orang lain. Satu kebohongan kecil hanya akan membawa kita pada kebohongan-kebohongan lainnya. Bisa berakibat buruk lho, apalagi kalau kita sampai ketahuan berbohong, maka selamanya kita tidak akan dipercayai oleh orang lain.

Nah, teman-teman jangan lupa juga untuk memberi sapaan ramah kita kepada semua orang yang kita temui, dan lihatlah hal apa yang akan kita dapatkan. Karena hal indah yang kita berikan kepada orang lain pasti juga akan berbalik kepada kita.

Leave a Reply